Bahasa Tagalog: Jantung Bahasa Resmi Filipina

Mencontek Official

Bahasa Tagalog, dengan akar yang mendalam dalam sejarah Filipina, bukan hanya sekedar bahasa melainkan simbol identitas nasional. Sebagai salah satu dari dua bahasa resmi negara Filipina, Tagalog berbagi status ini dengan bahasa Inggris dan menjadi fondasi bagi Filipino, bahasa nasional yang diresmikan dan distandarisasi.

Sejarah dan Pengembangan

Tagalog telah berkembang seiring waktu, dari awalnya sebagai bahasa yang digunakan oleh etnis Tagalog di wilayah Katagalugan, hingga menjadi bahasa yang mempersatukan berbagai etnis di Filipina. Pada tahun 1937, Presiden Quezon mengeluarkan Perintah Eksekutif No. 134 yang menetapkan Tagalog sebagai dasar dari bahasa nasional. Ini merupakan langkah penting dalam proses standarisasi bahasa yang kemudian dikenal sebagai Filipino.

Status Resmi dan Penggunaan

Filipino, bentuk standar dari Tagalog, diakui sebagai bahasa nasional Filipina dan menjadi salah satu dari dua bahasa resmi negara, bersanding dengan bahasa Inggris. Ini menandai pentingnya Tagalog tidak hanya sebagai bahasa komunikasi sehari-hari tetapi juga sebagai bahasa pengantar pendidikan, media massa, dan urusan pemerintahan.

Distribusi dan Varietas

Dengan lebih dari 29 juta penutur asli pada tahun 2010 dan 54 juta penutur kedua pada tahun 2020, Tagalog memiliki kehadiran yang signifikan di Filipina. Bahasa ini juga diakui sebagai bahasa minoritas di beberapa negara lain, menunjukkan pengaruhnya yang melampaui perbatasan Filipina.

Kesimpulan

Tagalog, sebagai inti dari bahasa nasional Filipina, terus berkembang dan memperkaya dirinya dengan kontribusi dari berbagai bahasa di Filipina. Ini bukan hanya alat komunikasi tetapi juga wadah bagi warisan budaya dan sejarah yang kaya dari bangsa Filipina.

: Wikipedia

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar