Berikut yang Merupakan Kalimat Kompleks Adalah

Mencontek Official

Kalimat kompleks adalah kalimat yang terdiri dari satu klausa independen (klausa utama) dan satu atau lebih klausa dependen (klausa tambahan). Klausa dependen ini tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat yang lengkap dan biasanya dihubungkan dengan klausa utama menggunakan konjungsi subordinatif seperti "karena", "meskipun", "sebelum", "jika", dan lain-lain.

Contoh kalimat kompleks:

  • Saya akan pergi ke pasar, karena ibu meminta tomat dan bawang.
  • Meskipun hujan turun dengan lebat, dia tetap berangkat ke sekolah tepat waktu.
  • Kamu bisa menggunakan komputer itu jika kamu telah menyelesaikan pekerjaanmu.

Dalam contoh di atas, bagian yang ditebalkan adalah klausa independen yang dapat berdiri sendiri sebagai kalimat. Bagian yang miring adalah klausa dependen yang tidak dapat berdiri sendiri dan memberikan informasi tambahan kepada klausa utama.

Penggunaan tanda baca pada angka di Indonesia mengikuti format yang sedikit berbeda dengan format internasional. Di Indonesia, tanda koma (,) digunakan untuk pemisah desimal, sedangkan titik (.) digunakan untuk pemisah ribuan. Misalnya, dua juta lima ratus ribu ditulis sebagai 2.500.000, dan dua koma lima ditulis sebagai 2,5.

Semoga penjelasan ini membantu Anda memahami apa itu kalimat kompleks dan bagaimana strukturnya dalam bahasa Indonesia. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau memerlukan contoh tambahan, jangan ragu untuk bertanya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar