Berkibar Tinggi Bendera Negeriku

Mencontek Official

Lagu "Berkibarlah Bendera Negeriku" adalah sebuah simfoni patriotisme yang diciptakan oleh Gombloh, yang bernama asli Soejarwoto. Lahir di Jombang, Jawa Timur pada 12 Juli 1948, Gombloh tidak hanya dikenal melalui lagu ini tetapi juga melalui karya-karyanya yang lain seperti "Kebyar-kebyar". Lagu "Berkibarlah Bendera Negeriku" dirilis pada tahun 1990-an dan telah menjadi bagian dari identitas nasional Indonesia, sering dinyanyikan dalam berbagai perayaan kebangsaan dan momen-momen penting lainnya.

Lirik lagu ini menggambarkan rasa cinta dan bangga terhadap bendera Merah Putih, simbol dari tanah air Indonesia. Lebih dari itu, lagu ini juga menyuarakan solidaritas dan keinginan untuk selalu mengharumkan nama bangsa.

Berikut adalah lirik lengkap dari lagu "Berkibarlah Bendera Negeriku":

Berkibarlah bendera negeriku
Berkibarlah engkau di dadaku
Tunjukkanlah kepada dunia
Semangatmu yang panas membara

Daku ingin jiwa raga ini
Selaraskan keanggunan
Daku ingin jemariku ini
Menuliskan karismamu

Berkibarlah bendera negeriku
Berkibar di luas nuansamu
Tunjukkanlah kepada dunia
Ramah tamah budi bahasamu

Daku ingin kepal tangan ini
Menunaikan kewajiban
Putra bangsa yang mengemban cita
Hidup dalam kesatuan

Berkibarlah selalu
Bendera negeriku
Menghias langit biru
Oh Indonesiaku

Tunjukkan dirimu kepada dunia
Dan torehkan warnamu di dalam dada

Lagu ini tidak hanya sekedar rangkaian kata, tetapi juga sebuah panggilan untuk menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang diwakili oleh bendera Merah Putih. Setiap bait dari liriknya mengajak kita untuk merenung dan menginternalisasi makna dari kebebasan dan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu bangsa.

Untuk mendengarkan lagu ini, Anda dapat menemukannya di berbagai platform musik digital seperti Spotify. Lagu ini juga sering di-cover oleh banyak penyanyi di Indonesia, menunjukkan betapa dalamnya lagu ini telah meresap ke dalam budaya dan hati masyarakat.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar