Dinamika Masyarakat: Memahami Perubahan Sosial ala Kingsley Davis

Mencontek Official

Perubahan sosial merupakan fenomena yang terus menerus terjadi dalam setiap masyarakat. Kingsley Davis, seorang sosiolog terkemuka, memberikan pandangan yang mendalam tentang perubahan sosial yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Menurut Davis, perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.

Struktur masyarakat merujuk pada pola hubungan yang dibentuk oleh norma, ikatan kelompok, hingga tingkatan sosial. Sementara itu, fungsi masyarakat berkaitan dengan peran yang dijalani oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Davis mengemukakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan kebudayaan yang meliputi perubahan ilmu pengetahuan, kesenian, peralatan hidup atau teknologi, filsafat, bentuk dan aturan dalam organisasi sosial serta perubahan yang mencakup semua bagian kebudayaan.

Contoh nyata dari perubahan sosial ini dapat dilihat dari perkembangan teknologi aplikasi pertemuan daring, seperti Google Meet dan Zoom. Sebelum adanya aplikasi tersebut, interaksi sosial umumnya dilakukan secara langsung atau tatap muka. Namun, dengan berkembangnya teknologi tersebut, banyak kelompok masyarakat yang memilih untuk melakukan pertemuan secara daring. Ini adalah salah satu bentuk adaptasi masyarakat terhadap perubahan kebudayaan kerja dan perkembangan teknologi.

Perubahan sosial menurut Kingsley Davis tidak hanya terbatas pada aspek teknologi, tetapi juga mencakup perubahan dalam nilai, norma, dan institusi sosial yang ada dalam masyarakat. Dengan demikian, pemahaman tentang perubahan sosial sangat penting untuk mengerti dinamika yang terjadi dalam masyarakat modern saat ini.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar