Fotosintesis: Proses Vital yang Menghidupkan Bumi

Mencontek Official

Fotosintesis adalah proses biokimia yang luar biasa, di mana tumbuhan, alga, dan beberapa bakteri mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia. Proses ini penting karena menghasilkan oksigen yang kita hirup dan karbohidrat yang menjadi sumber energi bagi hampir semua makhluk hidup.

Pengertian Fotosintesis

Secara sederhana, fotosintesis dapat diartikan sebagai pembentukan karbohidrat dari bahan anorganik dengan bantuan cahaya matahari. Tumbuhan hijau menggunakan pigmen klorofil yang terdapat pada daun untuk menangkap energi cahaya matahari, yang kemudian digunakan untuk mengubah karbon dioksida (CO₂) dan air (H₂O) menjadi gula (glukosa) dan oksigen (O₂).

Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis terjadi dalam dua tahap utama:

Tahap Reaksi Terang

Tahap ini terjadi di grana, yang merupakan tumpukan tilakoid dalam kloroplas. Energi cahaya yang ditangkap oleh klorofil digunakan untuk memecah molekul air dalam proses yang disebut fotolesis. Ini menghasilkan ATP dan NADPH2, yang merupakan energi yang disimpan dan digunakan dalam tahap kedua fotosintesis.

Tahap Reaksi Gelap

Juga dikenal sebagai siklus Calvin, tahap ini tidak langsung bergantung pada cahaya. Energi yang disimpan dalam ATP dan NADPH2 digunakan untuk mengubah CO₂ menjadi gula. Tahap ini terjadi di stroma, cairan yang mengisi kloroplas.

Manfaat Fotosintesis

Fotosintesis memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan oksigen dan karbon dioksida di atmosfer kita. Selain itu, proses ini juga merupakan dasar dari rantai makanan. Tanpa fotosintesis, kehidupan di Bumi seperti yang kita kenal tidak akan mungkin ada.

Sejarah Penemuan Fotosintesis

Pengetahuan kita tentang fotosintesis dimulai pada abad ke-17, ketika Jan van Helmont melakukan percobaan yang menunjukkan bahwa tumbuhan mendapatkan massa dari air. Namun, penemuan penting lainnya oleh Joseph Priestley dan Jan Ingenhousz pada abad ke-18 mengungkapkan peran penting cahaya dan oksigen dalam proses ini.

Fotosintesis adalah proses yang kompleks dan masih banyak yang harus dipelajari tentangnya. Namun, pemahaman kita saat ini menunjukkan betapa pentingnya proses ini bagi kehidupan di Bumi.

: Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
: detikcom
: lindungihutan.com

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar