Gerakan Fundamental Senam Lantai untuk Pemula dan Profesional

Mencontek Official

Senam lantai merupakan salah satu cabang olahraga yang menggabungkan kekuatan, kelenturan, keseimbangan, dan koordinasi. Berikut adalah sepuluh gerakan senam lantai yang fundamental, lengkap dengan penjelasan dan manfaatnya.

1. Roll Depan (Guling Depan)

Gerakan ini melibatkan berguling ke depan dengan memulai dari posisi jongkok. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan fleksibilitas tulang belakang dan koordinasi tubuh.

2. Roll Belakang (Guling Belakang)

Roll belakang adalah kebalikan dari roll depan, di mana Anda berguling ke arah belakang. Gerakan ini baik untuk melatih kelenturan punggung dan kaki.

3. Handstand

Berdiri dengan tangan ini tidak hanya menantang tetapi juga efektif untuk memperkuat otot lengan, bahu, dan punggung.

4. Head Stand

Berdiri dengan kepala membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah ke kepala dan merupakan latihan yang baik untuk keseimbangan.

5. Lompatan Harimau

Lompatan ini melibatkan lompatan dengan satu kaki, sementara kaki lainnya diayunkan ke depan. Ini melatih koordinasi dan kekuatan kaki.

6. Lompat Kangkang

Gerakan ini adalah lompatan dengan kedua kaki terbuka lebar. Ini membantu dalam melatih fleksibilitas pinggul dan keseimbangan.

7. Kayang

Kayang adalah posisi di mana tubuh dibengkokkan ke belakang hingga kaki menyentuh kepala. Gerakan ini sangat baik untuk melenturkan tulang belakang.

8. Meroda

Meroda adalah gerakan berputar di udara dengan satu tangan sebagai tumpuan. Ini mengasah koordinasi dan kekuatan tubuh bagian atas.

9. Round Off

Round off adalah gerakan yang melibatkan putaran setengah di udara, sering digunakan sebagai transisi dalam kombinasi gerakan.

10. Salto

Salto adalah gerakan akrobatik di mana seseorang melakukan putaran penuh di udara. Ini adalah tes yang baik untuk kekuatan, kecepatan, dan keseimbangan.

Senam lantai tidak hanya menarik untuk ditonton tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Dengan latihan yang konsisten, gerakan-gerakan ini dapat meningkatkan kualitas fisik dan mental Anda. Selamat mencoba dan selalu ingat untuk melakukan pemanasan yang cukup sebelum memulai latihan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar