Hukum dan Ragam Bentuknya: Sebuah Tinjauan

Mencontek Official

Hukum merupakan salah satu pilar penting dalam kehidupan bermasyarakat. Ia berfungsi sebagai pagar pembatas yang menjamin keteraturan dan ketertiban, serta melindungi hak dan kepentingan setiap individu. Di Indonesia, hukum dapat digolongkan menjadi berbagai jenis berdasarkan beberapa kriteria, termasuk bentuknya. Berikut ini adalah penjelasan mendetail mengenai penggolongan hukum menurut bentuknya.

Hukum Tertulis

Hukum tertulis adalah hukum yang diwujudkan dalam dokumen resmi dan memiliki kekuatan hukum yang mengikat. Di Indonesia, hukum tertulis dapat ditemukan dalam berbagai bentuk peraturan perundang-undangan, mulai dari Undang-Undang Dasar, undang-undang, peraturan pemerintah, hingga peraturan daerah. Hukum tertulis ini menjadi acuan utama dalam penegakan hukum dan keadilan di negara kita.

Hukum Tidak Tertulis

Di sisi lain, terdapat juga hukum yang tidak tertulis, yang seringkali dikenal sebagai hukum adat atau kebiasaan. Hukum ini hidup dan berkembang di masyarakat dan diwariskan secara turun-temurun. Meskipun tidak tertuang dalam dokumen resmi, hukum tidak tertulis ini tetap dihormati dan dipatuhi oleh masyarakat yang bersangkutan karena dianggap sebagai bagian dari tradisi dan nilai-nilai budaya.

Penggolongan hukum menurut bentuknya ini mencerminkan keragaman dan dinamika hukum di Indonesia, yang tidak hanya berpijak pada aturan tertulis tetapi juga mengakui eksistensi hukum adat yang tumbuh dari kearifan lokal. Kedua bentuk hukum ini saling melengkapi dalam membangun sistem hukum nasional yang kokoh dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Dengan memahami ragam bentuk hukum, kita dapat lebih menghargai kompleksitas dan kekayaan sistem hukum yang ada, serta berperan aktif dalam menjaga dan mengembangkan hukum yang adil dan bermartabat bagi seluruh warga negara.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar