Keajaiban Angka: 114 Surat dalam Alquran

Mencontek Official

Alquran, kitab suci umat Islam, merupakan sumber ajaran yang mendalam dan kompleks. Dikompilasi dalam bahasa Arab, Alquran terbagi menjadi 114 surat yang masing-masing memiliki keunikan dan pesan tersendiri. Jumlah surat ini bukanlah angka yang sembarangan, melainkan hasil ijma’ atau konsensus para ulama yang telah disepakati sejak zaman dahulu.

Setiap surat dalam Alquran memiliki nama yang spesifik dan urutan yang telah ditetapkan. Surat pertama adalah Al-Fatihah, yang sering disebut sebagai ‘Pembuka’, dan surat terakhir adalah An-Nas. Keseluruhan surat ini tersusun dalam 30 juz, dengan juz terakhir dikenal sebagai Juz Amma, yang berisi 37 surat-surat pendek yang sering dibaca dalam salat.

Dalam penelusuran lebih lanjut, kita akan menemukan bahwa jumlah ayat dalam Alquran juga menjadi topik diskusi di kalangan ulama. Menurut hitungan yang diikuti di Indonesia, jumlah keseluruhan ayat mencapai 6.236, yang terbagi dalam 30 juz tersebut.

Alquran tidak hanya menjadi panduan spiritual bagi umat Islam, tetapi juga karya sastra yang memukau dengan keindahan bahasa dan kedalaman maknanya. Setiap surat dan ayatnya mengajak para pembaca untuk merenung dan menggali lebih dalam nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

: Detikcom – Jumlah Surat dalam Al Quran, Berapa Totalnya?
: Detikcom – Urutan 114 Surat Al-Qur’an Beserta Arti dan Jumlah Ayatnya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar