Kebahagiaan dalam Secangkir Wedang Jahe

Mencontek Official

Wedang jahe merupakan minuman tradisional yang hangat dan menyegarkan, terkenal akan kemampuannya untuk menghangatkan tubuh serta memberikan sensasi yang menenangkan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat wedang jahe yang lezat dan aromatik.

Bahan-Bahan:

  • Jahe segar sepanjang 10 cm, kupas dan memarkan
  • Serai, 1 batang, memarkan
  • Daun pandan, 2 lembar, ikat simpul
  • Gula merah, 200 gram, serut halus
  • Air, 800 ml

Langkah Pembuatan:

  1. Persiapan Bahan:
    Siapkan semua bahan yang telah disebutkan di atas. Pastikan jahe benar-benar segar untuk mendapatkan rasa yang maksimal.

  2. Rebus Air:
    Didihkan air dalam panci dengan api sedang. Sementara menunggu, Anda bisa memarkan jahe dan serai agar aroma dan sari-sarinya lebih mudah keluar.

  3. Masukkan Bahan:
    Setelah air mendidih, masukkan jahe, serai, dan daun pandan ke dalam panci. Kecilkan api dan biarkan semua bahan tercampur rata.

  4. Tambahkan Gula Merah:
    Masukkan gula merah yang telah diserut ke dalam panci. Aduk perlahan hingga gula larut sempurna dan air berubah menjadi kecoklatan.

  5. Perebusan:
    Rebus bahan-bahan tersebut selama kurang lebih 20 menit. Pastikan untuk sesekali mengaduk agar bahan tidak menempel di dasar panci.

  6. Penyajian:
    Setelah dirasa cukup, matikan api dan saring wedang jahe ke dalam gelas saji. Wedang jahe siap dinikmati selagi hangat untuk menghangatkan tubuh atau sekadar relaksasi di sore hari.

Wedang jahe tidak hanya enak, tapi juga penuh manfaat. Jahe dikenal dapat membantu pencernaan, meredakan mual, dan bahkan sebagai anti-inflamasi. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin atau ketika Anda membutuhkan sesuatu yang menghangatkan.

Selamat mencoba resep ini di rumah dan rasakan kehangatan yang ditawarkan oleh secangkir wedang jahe!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar