Keindahan Hadits: Surga Terletak di Bawah Telapak Kaki Ibu

Mencontek Official

Dalam kekayaan tradisi Islam, hadits merupakan sumber hukum dan petunjuk hidup yang kedua setelah Al-Qur’an. Salah satu hadits yang sering dikutip dan memiliki kedalaman makna yang luar biasa adalah hadits yang menyatakan bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu. Hadits ini mengajarkan kita tentang pentingnya berbakti kepada orang tua, khususnya ibu, sebagai salah satu jalan menuju surga.

Makna Hadits

Hadits yang berbunyi "الْجَنَّةُ تَحْتَ أَقْدَامِ الأمَّهَات؛ مَن شِئن أدخلن، ومَنْ شِئن أخْرَجن" ini memiliki makna yang sangat dalam. Secara harfiah, hadits ini dapat diartikan sebagai "Surga di bawah telapak kaki ibu. Siapa yang dikehendaki (diridhai) para ibu, mereka bisa memasukkannya (ke surga); siapa yang dikehendaki (tidak diridhai), mereka bisa mengeluarkannya (dari surga)." Namun, makna ini tidak hanya terbatas pada pemahaman literal saja.

Para ulama telah memberikan penjelasan bahwa hadits ini menekankan pentingnya berbakti kepada ibu. Ketaatan dan ridha seorang Muslim terhadap ibunya menjadi penyebab masuknya ia ke dalam surga. Hal ini menunjukkan betapa tingginya derajat seorang ibu dalam Islam dan bagaimana ridha mereka dapat membawa anak-anaknya ke dalam kebahagiaan abadi di akhirat.

Kritik dan Penilaian Hadits

Meskipun hadits ini populer, terdapat perdebatan di kalangan ulama mengenai keautentikan riwayatnya. Beberapa ulama menganggap hadits ini memiliki sanad yang lemah atau bahkan palsu. Namun, ada juga yang menyatakan bahwa meskipun sanadnya lemah, makna yang terkandung di dalamnya tetap relevan dan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam lainnya yang mengajarkan tentang berbakti kepada orang tua.

Pelajaran dari Hadits

Hadits ini mengajarkan kita bahwa berbakti kepada ibu bukan hanya tugas, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Berbakti kepada ibu, tidak membangkang terhadapnya, tidak menyakitinya, tunduk dan rendah diri di hadapannya, adalah perilaku yang sangat dianjurkan dan menjadi wasilah penyebab seorang Muslim masuk surga.

Kesimpulan

Dalam konteks kehidupan sehari-hari, hadits ini mengingatkan kita untuk selalu menghormati, mencintai, dan melayani ibu kita dengan sebaik-baiknya. Kita diajak untuk memahami bahwa surga yang dijanjikan itu tidak hanya terletak di akhirat, tetapi juga dalam keberkahan yang kita terima saat kita berbuat baik kepada ibu kita di dunia ini.

Hadits tentang surga di bawah telapak kaki ibu adalah salah satu dari banyak hadits yang mengajarkan kita tentang nilai-nilai luhur dalam berinteraksi dengan orang lain, khususnya orang tua. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari hadits ini dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

: Kumparan
: NU Online

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar