Keindahan Surah Ar-Rahman dalam Transliterasi Latin

Mencontek Official

Surah Ar-Rahman, yang dikenal sebagai "Hiasan Al-Qur’an" dan salah satu surah yang paling banyak dibaca dan dihafal oleh umat Islam di seluruh dunia, menawarkan pesan-pesan yang mendalam dan penuh keindahan. Berikut adalah beberapa ayat pertama dari Surah Ar-Rahman dalam transliterasi Latin, disertai dengan terjemahan singkatnya dalam Bahasa Indonesia.

Ar-Rahmān (u)
(Allah) Yang Maha Pengasih,

‘Allamal-qur’ān (a)
telah mengajarkan Al-Qur’an.

Khalaqal-insān (a)
Dia menciptakan manusia.

‘Allamahul-bayān (a)
Dia mengajarinya pandai menjelaskan.

Asy-syamsu wal-qamaru biḥusbān (in)
Matahari dan bulan (beredar) sesuai dengan perhitungan.

Wan-najmu wasy-syajaru yasjudān (i)
Tetumbuhan dan pepohonan tunduk (kepada-Nya).

Surah ini terus mengulang pertanyaan retoris, "Maka, nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?" sebagai pengingat akan semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada manusia dan jin. Surah Ar-Rahman tidak hanya mengajarkan tentang kebesaran ciptaan Allah tetapi juga tentang keseimbangan dan keadilan yang harus dijaga dalam kehidupan.

Untuk membaca lebih lanjut tentang Surah Ar-Rahman, Anda dapat mengunjungi sumber-sumber yang telah saya temukan. Di sana, Anda akan menemukan teks lengkap dalam bahasa Arab, transliterasi Latin, dan terjemahan dalam Bahasa Indonesia, yang memungkinkan Anda untuk memahami dan merenungkan makna surah ini lebih dalam.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar