Kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara: Warisan Sejarah yang Abadi

Mencontek Official

Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha telah lama berdiri di Indonesia, membentuk sejarah dan budaya yang kaya. Dari Kutai hingga Majapahit, setiap kerajaan meninggalkan warisan yang masih dapat kita saksikan hingga hari ini.

Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai, yang terletak di Kalimantan Timur, adalah salah satu kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Berdiri pada abad ke-4, kerajaan ini dikenal melalui prasasti Yupa yang menunjukkan bukti awal penulisan dan pemerintahan di Nusantara.

Kerajaan Tarumanegara

Di Jawa Barat, Kerajaan Tarumanegara muncul pada abad ke-5 Masehi. Raja Purnawarman, yang terkenal dengan proyek irigasinya, meninggalkan prasasti yang menjadi saksi bisu kejayaan kerajaan ini.

Kerajaan Kalingga

Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah, yang berdiri sejak abad ke-6, adalah kerajaan Hindu-Buddha yang dikenal dengan Ratu Shima, penguasa yang adil dan bijaksana.

Kerajaan Majapahit

Majapahit, mungkin kerajaan Hindu-Buddha terbesar di Indonesia, mencapai puncak kejayaannya di bawah pemerintahan Hayam Wuruk dan Gajah Mada. Kerajaan ini membentang dari Sumatera hingga Papua dan bahkan Semenanjung Malaya.

Warisan Budaya

Candi Prambanan dan Borobudur adalah dua contoh peninggalan arsitektur yang megah dari era kerajaan Hindu-Buddha. Kedua candi ini tidak hanya merupakan situs warisan dunia UNESCO tetapi juga simbol keagungan masa lalu Indonesia.

Kerajaan-kerajaan ini mungkin telah lama hilang, namun warisan mereka tetap hidup dalam bentuk budaya, tradisi, dan monumen yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Mereka mengingatkan kita pada masa ketika Nusantara adalah pusat perdagangan dan kebudayaan yang penting, serta menjadi bukti keberagaman dan kekayaan sejarah Indonesia.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar