Kesebangunan dalam Matematika: Menyelami Latihan 4.3 Halaman 238

Mencontek Official

Matematika adalah mata pelajaran yang penuh dengan konsep dan aplikasi yang menarik, salah satunya adalah kesebangunan bangun datar. Pada buku Matematika Kelas 9, kita menemukan latihan yang menantang pemahaman kita tentang kesebangunan pada halaman 238, latihan 4.3. Latihan ini tidak hanya menguji kemampuan kita dalam memahami teori, tetapi juga dalam menerapkannya pada soal-soal yang diberikan.

Soal Nomor 1: Kesebangunan Trapesium

Pertanyaan pertama meminta kita untuk menyelidiki apakah dua trapesium sebangun atau tidak. Untuk menjawab ini, kita perlu memeriksa perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dan besar sudut-sudut yang bersesuaian. Dalam soal ini, kita diberikan:

$$
frac{PQ}{DC} = frac{4}{2} = 2, quad frac{SR}{AB} = frac{16}{8} = 2
$$

Perbandingan ini menunjukkan bahwa sisi-sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama. Namun, kita tidak dapat menentukan besar sudut-sudut yang bersesuaian tanpa informasi tambahan. Oleh karena itu, kita belum bisa menyimpulkan bahwa kedua trapesium tersebut sebangun.

Soal Nomor 2: Menemukan Pasangan Bangun Sebangun

Soal kedua mengajak kita untuk mencari pasangan bangun yang sebangun di antara beberapa gambar yang diberikan. Jawabannya adalah bangun A sebangun dengan B, C sebangun dengan G, dan E sebangun dengan F.

Soal Nomor 3: Menghitung Panjang Sisi

Soal ketiga memberikan kita dua bangun yang sebangun dan meminta kita untuk menghitung panjang sisi AE, ED, dan QR. Dengan menggunakan perbandingan sisi yang bersesuaian, kita mendapatkan:

$$
frac{AB}{PQ} = frac{32}{24} = frac{4}{3}, quad AE = PT times frac{4}{3} = 18 times frac{4}{3} = 24 text{ cm}, quad ED = TS times frac{4}{3} = 21 times frac{4}{3} = 28 text{ cm}, quad QR = BC times frac{3}{4} = 48 times frac{3}{4} = 36 text{ cm}
$$

Dengan demikian, kita mendapatkan panjang sisi AE adalah 24 cm, ED adalah 28 cm, dan QR adalah 36 cm.

Soal Nomor 4: Perbandingan Luas dan Berat

Soal berikutnya menanyakan tentang perbandingan luas dan berat antara dua objek yang sebangun. Misalnya, kita diminta untuk menghitung panjang k pada sebuah gambar persegi panjang yang diperkecil. Dengan menggunakan perbandingan sisi yang bersesuaian, kita mendapatkan:

$$
frac{16,8}{8,4} = frac{k}{2}, quad k = 2 times 2 = 4 text{ cm}
$$

Jadi, panjang k adalah 4 cm.

Kesimpulan

Latihan 4.3 pada halaman 238 buku Matematika Kelas 9 memberikan kita kesempatan untuk mendalami konsep kesebangunan. Melalui serangkaian soal yang dirancang untuk menguji pemahaman kita, kita diajak untuk menerapkan teori yang telah kita pelajari ke dalam praktek. Dengan demikian, kita tidak hanya memahami teori secara konseptual, tetapi juga secara aplikatif.

: TribunNews
: KoSingkat

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar