Keunikan Arsitektur Rumah Adat Nusa Tenggara Barat

Mencontek Official

Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi. Salah satu aspek budaya yang menarik adalah rumah adatnya yang memiliki ciri khas dan fungsi yang beragam. Berikut ini adalah penjelasan detail tentang rumah adat di NTB.

Rumah Adat Dalam Loka

Rumah Adat Dalam Loka merupakan kediaman bagi Raja dan bangsawan di masa Kesultanan Sumbawa. Nama ‘Dalam Loka’ berasal dari bahasa Sumba, yang berarti ‘Istana Dunia’. Rumah ini memiliki delapan ruangan dengan fungsi berbeda dan ditopang oleh 99 tiang, yang melambangkan 99 Asmaul Husna dalam ajaran Islam.

Pembagian Ruang

  • Lunyuk Agung: Ruang utama untuk pertemuan, musyawarah, dan resepsi pernikahan.
  • Lunyuk Mas: Ruang tengah untuk para permaisuri dan istri menteri ketika upacara adat berlangsung.
  • Ruang Dalam Barat dan Utara: Ruang untuk sholat dan tidur para permaisuri dan dayang.
  • Ruang Dalam Timur: Terdiri dari empat kamar untuk putra dan putri Raja yang sudah menikah.

Rumah Adat Lainnya di NTB

Selain Dalam Loka, terdapat rumah adat lain seperti Istana Sumbawa, Bale Bonder, dan Berugaq yang memiliki fungsi dan filosofi tersendiri. Misalnya, Berugaq yang menyerupai gubug di halaman rumah, digunakan sebagai tempat berkumpul.

NTB memiliki setidaknya sebelas jenis rumah adat yang mencerminkan keanekaragaman budaya dan adat istiadat setempat. Setiap rumah adat dirancang dengan mempertimbangkan aspek budaya, sosial, dan agama yang berlaku di masyarakat NTB.


Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar