Keunikan Iklim Maritim Indonesia

Mencontek Official

Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, dikenal dengan keindahan alam dan keanekaragaman hayatinya. Salah satu aspek penting yang mendukung kekayaan ini adalah iklim maritim yang dialami oleh wilayahnya. Iklim maritim, atau iklim laut, adalah jenis iklim yang sangat dipengaruhi oleh keberadaan lautan. Indonesia, yang terletak di antara dua samudra besar, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta diapit oleh dua benua, Asia dan Australia, memiliki karakteristik iklim maritim yang khas.

Pengaruh Geografis Terhadap Iklim

Letak geografis Indonesia yang strategis pada 6º LU – 11º LS dan 95º BT – 141º BT memberikan pengaruh signifikan terhadap kondisi iklimnya. Negara ini mengalami tiga jenis iklim, yaitu iklim muson, iklim tropis, dan iklim laut. Iklim muson ditandai dengan angin musiman yang berubah arah setiap periode tertentu, sementara iklim tropis terjadi karena posisi Indonesia yang berada di daerah tropis yang panas dengan dua musim dominan: kemarau dan penghujan.

Iklim Laut dan Proses Penguapan

Iklim laut di Indonesia terjadi karena proses penguapan yang intens dari lautan yang mengelilingi kepulauan. Proses ini menyebabkan pembentukan awan dan turunnya hujan yang tinggi. Sebagian besar wilayah daratan Indonesia dikelilingi oleh lautan atau samudra, yang mempercepat proses penguapan dan terjadinya hujan. Hal ini menjadikan Indonesia memiliki tingkat kelembapan yang tinggi dan curah hujan yang tergolong tinggi.

Ciri-Ciri Iklim Maritim

Ciri-ciri iklim maritim di Indonesia antara lain adalah suhu rata-rata tahunan yang relatif rendah, amplitudo suhu harian yang kecil karena udara yang relatif lembap, serta banyaknya awan yang sering menyebabkan hujan lebat yang terkadang disertai badai.

Kesimpulan

Iklim maritim memiliki peran penting dalam menunjang kehidupan dan keberlangsungan ekosistem di Indonesia. Dengan memahami karakteristik iklim ini, kita dapat lebih menghargai dan melindungi kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia.

: Kompas.com

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar