Keutamaan dan Manfaat Doa Setelah Sholat Dhuha

Mencontek Official

Sholat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dalam Islam. Dilakukan di waktu pagi, sholat ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, termasuk sebagai sarana memohon keberkahan dan rezeki dari Allah SWT. Setelah menunaikan sholat Dhuha, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa khusus yang penuh makna dan harapan.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Berikut adalah doa yang dibaca setelah sholat Dhuha beserta dengan transliterasi Latin dan artinya:

Doa dalam Bahasa Arab:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ
اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ
بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Transliterasi Latin:

Allahumma innad-duhaa’a duhaa’uka wal bahaa’a bahaa’uka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrota qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka.
Allaahumma in kaana rizqii fis-samaa’i fa anzilhu, wa in kaana fil-ardi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fa tahhirhu wa in kaana ba’iidan fa qarribhu
bi haqqi duhaa’ika wa bahaa’ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya:
"Ya Allah, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar, mudahkanlah; jika haram, sucikanlah; jika jauh, dekatkanlah dengan kebenaran Dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, dan kekuatan-Mu. Berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih."

Makna dan Harapan dalam Doa

Doa ini mengandung harapan agar Allah SWT memberikan kemudahan dalam segala urusan, termasuk dalam hal rezeki. Umat Islam memohon agar rezeki yang diberikan adalah halal, suci, dan berkah. Doa ini juga merupakan pengakuan bahwa segala keindahan dan kekuatan berasal dari Allah SWT, dan hanya kepada-Nya lah umat Islam memohon dan berharap.

Sholat Dhuha dan doa setelahnya adalah salah satu cara umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon ampunan, dan meminta rezeki yang halal serta berkah. Dengan rutin melaksanakan sholat Dhuha dan membaca doa ini, diharapkan umat Islam dapat meraih keutamaan dan manfaat yang telah dijanjikan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar