Keutamaan Sholat Sunah Qabliyah Subuh

Mencontek Official

Sholat sunah sebelum sholat Subuh, atau yang lebih dikenal dengan sholat sunah Qabliyah Subuh, merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Sholat ini termasuk dalam kategori sholat sunah rawatib, yaitu sholat sunah yang dikerjakan sebelum atau sesudah sholat fardhu.

Bacaan Niat Sholat Sunah Qabliyah Subuh

Niat merupakan salah satu rukun sholat yang tidak boleh ditinggalkan. Berikut adalah bacaan niat untuk sholat sunah Qabliyah Subuh:

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
Usolli sunnataş şubhi rok’ataini qobliyyatan mustaqbilal qiblati lillāhi ta’āla

Artinya: "Aku niat sholat sunah Qabliyah Subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala."

Tata Cara Sholat Sunah Qabliyah Subuh

Tata cara pelaksanaan sholat sunah Qabliyah Subuh adalah sebagai berikut:

  1. Membaca niat yang telah disebutkan di atas.
  2. Takbiratul ihram, yaitu mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga sambil mengucapkan "Allahu Akbar".
  3. Membaca Surah Al-Fatihah dilanjutkan dengan salah satu surah dalam Al-Qur’an. Dianjurkan untuk membaca Surah Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Surah Al-Ikhlas pada rakaat kedua.

Keutamaan Sholat Sunah Qabliyah Subuh

Sholat sunah Qabliyah Subuh memiliki keutamaan yang sangat besar. Diriwayatkan dari Aisyah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Dua rakaat sholat sunah sebelum Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya" (HR Muslim). Ini menunjukkan betapa berharganya sholat sunah ini di sisi Allah SWT.

Sholat sunah Qabliyah Subuh juga merupakan salah satu sholat sunah yang sangat dijaga oleh Rasulullah SAW. Beliau tidak pernah meninggalkan sholat ini meskipun dalam keadaan safar atau ketika beliau sedang sakit.

Kesimpulan

Sholat sunah Qabliyah Subuh adalah amalan yang memiliki banyak keutamaan dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Dengan melaksanakannya, seorang Muslim tidak hanya mendapatkan pahala yang besar, tetapi juga mengikuti sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, mari kita jadikan sholat sunah Qabliyah Subuh sebagai rutinitas ibadah kita setiap hari.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi motivasi untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan sholat sunah Qabliyah Subuh.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar