Klepon, Warisan Kuliner Nusantara yang Mendunia

Mencontek Official

Klepon, kue tradisional yang berbentuk bulat dengan isi gula merah dan taburan kelapa parut di luar, adalah salah satu jajanan pasar yang paling dicintai di Indonesia. Warna hijaunya yang khas berasal dari daun suji atau pandan, memberikan aroma yang menggugah selera. Klepon tidak hanya terkenal di Indonesia tetapi juga telah menyebar ke berbagai negara lain seperti Belanda, dimana ia diperkenalkan oleh imigran Indonesia dari Pasuruan, Jawa Timur sejak tahun 1950-an.

Asal-Usul Klepon

Klepon diduga kuat berasal dari Jawa, meskipun kue ini juga populer di berbagai daerah lain di Indonesia seperti Sumatra dan Sulawesi, serta di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Di beberapa daerah, klepon dikenal dengan nama yang berbeda, seperti onde-onde di Sumatera dan Sulawesi, serta buah melaka di Malaysia.

Filosofi Klepon

Klepon tidak hanya sekedar makanan, tetapi juga memiliki makna filosofis. Menurut Nimpuno dalam bukunya "Nostalgia Kue Tenong", tekstur klepon yang kenyal dengan isi gula merah memiliki makna bahwa terkadang sesuatu yang keras akan terasa manis di kemudian hari sesuai dengan usaha yang dilakukan.

Klepon di Mata Dunia

Klepon telah menjadi simbol atas identitas kolektif suatu daerah atau kelompok dan dihargai sebagai salah satu warisan budaya. Bessire dalam buku "Local Development Heritage: Traditional Food and Cuisine as Tourist Attractions in Rural Areas" menuliskan bahwa klepon memperkaya kuliner nusantara dan menjadi simbol atas identitas kolektif suatu daerah atau kelompok.

Resep Tradisional Klepon

Untuk membuat klepon, Anda memerlukan bahan-bahan seperti tepung ketan, gula merah, daun suji, daun pandan, dan kelapa parut. Proses pembuatannya meliputi pencampuran tepung dengan air daun suji atau pandan untuk memberikan warna hijau, membentuk adonan menjadi bulat, mengisi dengan gula merah, dan merebusnya dalam air mendidih hingga mengapung.

Klepon tidak hanya lezat tetapi juga mengandung makna mendalam dan merupakan bagian dari warisan budaya Indonesia yang kaya. Dengan sejarah dan filosofi yang melatarbelakanginya, klepon bukan hanya sekedar kue, tetapi juga cerminan dari kekayaan budaya nusantara yang patut dibanggakan dan dilestarikan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar