Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 Halaman 100

Mencontek Official

Pada halaman 100 buku Matematika kelas 5, siswa dihadapkan pada soal yang menantang pemahaman mereka tentang konsep bangun yang sebangun. Berikut adalah pembahasan terperinci mengenai kunci jawaban untuk soal tersebut.

Asyik Mencoba: Dua Bangun yang Sebangun

Soal yang terdapat di halaman ini meminta siswa untuk menemukan dua bangun yang sebangun. Sebelum kita membahas jawabannya, penting untuk memahami apa itu bangun sebangun. Dua bangun dikatakan sebangun jika memiliki bentuk yang sama tetapi tidak harus memiliki ukuran yang sama. Proporsi sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua bangun tersebut harus konstan.

Jawaban:

  1. Bangun A dengan Bangun C

    • Kedua bangun ini adalah persegi panjang.
    • Perbandingan ukuran panjang dan lebar Bangun A terhadap Bangun C adalah 1:2, yang berarti setiap dimensi Bangun A adalah setengah dari Bangun C.

    Secara matematis, perbandingan ini dapat ditulis sebagai:
    $$text{Panjang Bangun A : Panjang Bangun C} = 4 : 8 = 1 : 2$$
    $$text{Lebar Bangun A : Lebar Bangun C} = 2 : 4 = 1 : 2$$

    Perbandingan ini menunjukkan bahwa kedua bangun tersebut sebanding dan oleh karena itu sebangun.

Dengan memahami konsep ini, siswa dapat lebih mudah mengidentifikasi bangun yang sebangun dalam berbagai konteks, baik dalam matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembahasan soal lainnya, Anda dapat mengunjungi sumber asli dari kunci jawaban ini.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat membantu siswa dalam memahami konsep bangun yang sebangun dengan lebih baik. Selamat belajar!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar