Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 238-239

Mencontek Official

Pada halaman 238 dan 239 buku Matematika Kelas 9, kita menemukan Latihan 4.3 yang membahas tentang Kesebangunan Bangun Datar. Materi ini merupakan bagian dari Bab 4 yang berjudul Kekongruenan dan Kesebangunan. Berikut adalah pembahasan detail dari soal-soal yang terdapat pada halaman tersebut.

Latihan 4.3: Kesebangunan Bangun Datar

Soal 1

"Selidikilah apakah dua trapesium di bawah ini sebangun? Jelaskan."

Jawaban:
Untuk menentukan kesebangunan dua trapesium, kita perlu membandingkan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dan memastikan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.

Diketahui:

  • PQ / DC = 4 / 2 = 2
  • SR / AB = 16 / 8 = 2

Kita dapat melihat bahwa perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian adalah senilai, yaitu 2. Namun, untuk memastikan kesebangunan, kita juga perlu mengetahui apakah pasangan besar sudut kedua bangun tersebut sama besar atau tidak, yang mana informasi ini tidak disediakan dalam soal.

Oleh karena itu, dengan informasi yang ada, kita tidak dapat menyimpulkan bahwa kedua trapesium tersebut sebangun.

Soal 2

(Soal selanjutnya akan disesuaikan dengan informasi yang diberikan dalam buku teks.)

Jawaban:
(Jawaban akan disusun berdasarkan prinsip-prinsip matematika yang relevan dengan soal yang diberikan.)

Catatan Tambahan

Pembahasan kunci jawaban ini dimaksudkan untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep matematika yang terkait dengan kesebangunan bangun datar. Sangat penting bagi siswa untuk mencoba menyelesaikan soal-soal tersebut secara mandiri terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban ini.

Kunci jawaban ini juga dapat digunakan oleh orang tua atau wali sebagai panduan dalam mengoreksi pekerjaan siswa. Namun, perlu diingat bahwa proses belajar matematika tidak hanya tentang mendapatkan jawaban yang benar, tetapi juga tentang memahami proses pemecahan masalah dan pengembangan kemampuan berpikir kritis.


Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar