Media Komunikasi: Pembagian dan Fungsinya

Mencontek Official

Dalam era globalisasi dan teknologi informasi, media komunikasi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Media komunikasi dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu media komunikasi tradisional dan media komunikasi modern.

Media Komunikasi Tradisional

Media komunikasi tradisional adalah sarana komunikasi yang telah ada sejak lama dan masih digunakan hingga saat ini. Contoh dari media komunikasi tradisional antara lain:

  • Surat-Menyurat: Merupakan bentuk komunikasi tertulis yang dilakukan dengan mengirimkan surat melalui layanan pos.
  • Telepon: Alat komunikasi suara yang memungkinkan dua orang atau lebih untuk berbicara meskipun berada di lokasi yang berbeda.
  • Radio: Media penyiaran suara yang dapat menjangkau pendengar di berbagai wilayah.

Media Komunikasi Modern

Media komunikasi modern adalah sarana komunikasi yang berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Beberapa contohnya adalah:

  • Internet: Memungkinkan pertukaran informasi secara digital melalui berbagai platform seperti email, forum, dan media sosial.
  • Televisi Digital: Menyediakan konten audiovisual dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibandingkan televisi analog.
  • Smartphone: Perangkat serba guna yang mengintegrasikan fungsi telepon, internet, dan multimedia.

Kedua jenis media komunikasi ini memiliki fungsinya masing-masing dalam menyampaikan informasi, hiburan, dan sebagai sarana interaksi sosial. Media komunikasi tradisional masih relevan untuk segmen tertentu dari masyarakat, sementara media komunikasi modern terus berkembang dan memberikan kemudahan serta kecepatan dalam berkomunikasi.

Dengan adanya kedua media ini, masyarakat dapat memilih sarana komunikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya. Kombinasi dari keduanya juga sering digunakan untuk mencapai efektivitas komunikasi yang maksimal.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar