Memahami Doa At-Tahiyyat Akhir: Kunci Menuju Kesempurnaan Shalat

Mencontek Official

Shalat merupakan salah satu rukun Islam yang penting dan doa at-tahiyyat akhir adalah bagian dari shalat yang tidak boleh diabaikan. Doa ini dibaca pada akhir shalat, setelah sujud terakhir dan sebelum salam. Menurut Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, tahiyat akhir termasuk dalam rukun shalat menurut Mazhab Syafi’i dan tidak boleh dilewatkan.

Posisi Duduk Tawaruk

Saat membaca tahiyat akhir, posisi duduk yang dikenal adalah duduk tawaruk. Ini adalah posisi dimana kaki kanan tegak lurus dan kaki kiri berada di bawah menyilang. Tangan kiri diletakkan di atas paha dalam keadaan terbuka, sementara tangan kanan menggenggam dengan jari telunjuk diacungkan sebagai isyarat.

Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir

Bacaan tahiyat awal dan akhir memiliki kesamaan, namun tahiyat akhir memiliki penambahan solawat nabi. Berikut adalah bacaan tahiyat akhir dalam bahasa Arab, latin, dan artinya:

Bahasa Arab

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ
السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ
السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

Latin

Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah.
Assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahi wa barokaatuh.
Assalaaamu’alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiin.
Asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar rosuulullah.
Allahumma sholli ‘alaa Muhammad.

Artinya

"Segala penghormatan, keberkahan, salawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad."

Kesimpulan

Doa at-tahiyyat akhir adalah bagian penting dari shalat yang menegaskan keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya, serta memohon rahmat untuk Nabi Muhammad dan keluarganya. Dengan memahami dan mengamalkan doa ini dengan benar, seorang Muslim dapat menyelesaikan shalatnya dengan sempurna, memperkuat hubungannya dengan Allah dan Rasul-Nya.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembahasan mendalam tentang doa at-tahiyyat akhir, Anda dapat mengunjungi sumber berikut.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar