Menemukan Jawaban Matematika yang Tepat untuk Kelas 8 Halaman 145

Mencontek Official

Mencari kunci jawaban untuk soal matematika bisa menjadi tantangan yang menarik. Pada halaman 145 buku matematika kelas 8, kita menemukan soal-soal yang menguji pemahaman siswa tentang persamaan garis lurus. Berikut ini adalah pembahasan terperinci untuk soal-soal tersebut.

Persamaan Garis Lurus

Persamaan garis lurus merupakan bagian penting dalam matematika yang sering kali muncul dalam berbagai konteks, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang akademis. Pada halaman 145, siswa diajak untuk menentukan apakah suatu persamaan merupakan persamaan garis lurus atau bukan.

Soal Ayo Kita Berlatih 4.1

Dalam soal Ayo Kita Berlatih 4.1, siswa diminta untuk menentukan persamaan garis lurus dari beberapa opsi yang diberikan. Berikut adalah jawabannya:

  1. ( x + 3y = 0 ) (Persamaan garis lurus)
  2. ( x^2 + 2y = 5 ) (Bukan persamaan garis lurus)
  3. ( 3y + 3x = 32 ) (Bukan persamaan garis lurus)
  4. ( frac{y}{3} + 3x = 12 ) (Persamaan garis lurus)
  5. ( 4y + 3x – 6 = 0 ) (Persamaan garis lurus)

Penting untuk diingat bahwa persamaan garis lurus memiliki bentuk umum ( y = mx + c ), di mana ( m ) adalah gradien dan ( c ) adalah perpotongan y.

Cara Menentukan Persamaan Garis Lurus

Untuk menentukan apakah suatu persamaan merupakan persamaan garis lurus, kita dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan tidak ada variabel yang dipangkatkan lebih dari satu.
  2. Persamaan harus dapat diubah ke bentuk ( y = mx + c ).
  3. Tidak ada produk silang antara ( x ) dan ( y ).

Dengan memahami konsep dasar ini, siswa dapat lebih mudah menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan garis lurus.

Kesimpulan

Kunci jawaban di atas dapat membantu siswa dalam memahami cara menentukan persamaan garis lurus. Penting bagi siswa untuk mencoba menyelesaikan soal terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawaban, agar kemampuan pemecahan masalah matematika mereka dapat berkembang.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan bagi siswa dan orang tua dalam proses belajar mengajar matematika. Selamat belajar!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar