Menemukan Kedamaian dan Cinta dalam Sakinah Mawaddah Warahmah

Mencontek Official

Dalam perjalanan hidup berumah tangga, setiap pasangan mengidamkan keharmonisan yang abadi. Ungkapan "Sakinah Mawaddah Warahmah" sering terdengar dalam doa dan harapan bagi pengantin baru. Namun, apa sebenarnya makna di balik kata-kata indah ini?

Sakinah: Ketenangan Jiwa

Kata Sakinah berasal dari bahasa Arab yang mengandung arti kedamaian, ketenangan, dan keamanan. Dalam konteks pernikahan, sakinah menggambarkan suasana hati yang tenang dan damai yang diharapkan dapat dirasakan oleh kedua belah pihak dalam menjalani bahtera rumah tangga.

Mawaddah: Cinta yang Tumbuh

Mawaddah merupakan ekspresi cinta yang tidak hanya terbatas pada perasaan, tetapi juga mencakup harapan dan tindakan yang mendukung pertumbuhan hubungan yang sehat dan penuh kasih.

Warahmah: Kasih Sayang yang Mendalam

Warahmah, yang sering diartikan sebagai kasih sayang, menekankan pada aspek kelembutan, perhatian, dan pemeliharaan yang menjadi fondasi kuat dalam setiap hubungan. Dalam beberapa interpretasi, warahmah juga dihubungkan dengan kehadiran anak sebagai buah hati yang mempererat ikatan cinta dan kasih sayang antara suami dan istri.

Dalam Islam, konsep Sakinah Mawaddah Warahmah diangkat dari ayat suci Al-Qur’an, Surah Ar-Rum ayat 21, yang menggambarkan tujuan mulia pernikahan. Ayat ini mengajarkan bahwa pernikahan bukan hanya sekedar penyatuan dua insan, tetapi juga pembentukan hubungan yang harmonis, penuh cinta, dan rahmat.

Semoga setiap pasangan dapat mewujudkan impian menjadi keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah, keluarga yang bahagia di dunia dan di akhirat.

Wasalam.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar