Mengapa Tidak Disarankan Memotong Kuku di Malam Hari

Mencontek Official

Memotong kuku merupakan aktivitas rutin yang dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Namun, terdapat kepercayaan yang berkembang di masyarakat tentang larangan memotong kuku di malam hari. Kepercayaan ini tidak hanya ada dalam budaya Jawa, tetapi juga di berbagai daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Riau, Bali, hingga Makassar dengan versi mitos yang berbeda-beda.

Mitos dan Kepercayaan

Dalam kitab Primbon Jawa, memotong kuku di malam hari dianggap sebagai perbuatan pamali atau tabu. Dipercaya bahwa melakukan hal tersebut dapat mendatangkan musibah, salah satunya adalah kematian lebih cepat. Berikut adalah beberapa contoh mitos dari berbagai daerah:

  • Kalimantan: "Pamali manatak kuku malam, bisa handap umur" yang berarti jangan memotong kuku saat malam hari, bisa pendek umur.
  • Riau: "Tak boleh potong kuku di potang ai, beko tak panjang umurnyo" yang berarti tidak boleh memotong kuku setelah sore hari, nanti tidak panjang umur.
  • Makassar: "Pammali mattobak kanuku ko mawenni, nasabak mopocok sungekik" yang berarti tidak boleh memotong kuku pada malam hari, sebab akan pendek umur.
  • Bali: "Pemali motong kuku pas peteng, nyanan cepet mati" yang berarti pamali memotong kuku malam hari, nanti cepat mati.

Alasan Logis

Secara logis, larangan memotong kuku di malam hari mungkin berkaitan dengan minimnya pencahayaan yang dapat meningkatkan risiko cedera saat memotong kuku. Kuku yang tidak dipotong dengan benar dapat menyebabkan infeksi, bau tidak sedap, hingga cedera saraf.

Pandangan Islam

Dari perspektif Islam, memotong kuku di malam hari tidak dilarang dan tidak dianggap haram. Islam mengatur tentang memotong kuku sebagai sunah Rasulullah SAW, termasuk waktu yang tepat dan urutan memotong kuku. Namun, ada waktu tertentu seperti saat dalam keadaan ihram atau sebelum Idul Adha bagi yang berkurban, di mana disarankan untuk tidak memotong kuku.

Kesimpulan

Mitos memotong kuku di malam hari yang berkembang di masyarakat Indonesia memiliki beragam versi dan dipercaya turun-temurun. Meskipun tidak ada larangan secara agama, alasan keamanan dan kesehatan menjadi pertimbangan logis untuk menghindari memotong kuku di malam hari. Oleh karena itu, disarankan untuk memotong kuku pada saat pencahayaan cukup agar dapat melihat dengan jelas dan mengurangi risiko cedera.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar