Mengenal Besaran Pokok dan Satuannya

Mencontek Official

Dalam ilmu fisika, besaran pokok merupakan dasar dari pengukuran yang tidak dapat didefinisikan lebih lanjut dalam hal besaran lain. Ada tujuh besaran pokok yang diakui secara internasional, yang masing-masing memiliki satuan standar. Berikut adalah daftar besaran pokok beserta satuannya:

  1. Panjang
    Satuan: Meter (m)
    Meter didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh cahaya dalam vakum selama interval waktu $$frac{1}{299,792,458}$$ detik.

  2. Massa
    Satuan: Kilogram (kg)
    Kilogram adalah satuan massa yang setara dengan massa dari sebuah prototipe internasional yang terbuat dari platinum-iridium.

  3. Waktu
    Satuan: Detik (s)
    Detik didefinisikan berdasarkan getaran radiasi dari transisi antara dua level energi elektron dalam atom cesium-133.

  4. Arus Listrik
    Satuan: Ampere (A)
    Ampere adalah arus listrik konstan yang jika dipertahankan dalam dua konduktor lurus paralel dengan panjang tak terbatas dan penampang melintang yang diabaikan, yang terpisah satu meter dalam vakum, akan menghasilkan gaya antara kedua konduktor tersebut sebesar $$2 times 10^{-7}$$ newton per meter panjang.

  5. Suhu Termodinamika
    Satuan: Kelvin (K)
    Kelvin didefinisikan berdasarkan skala suhu termodinamika, di mana titik nol absolut adalah titik di mana partikel memiliki energi kinetik minimal.

  6. Jumlah Zat
    Satuan: Mol (mol)
    Mol adalah jumlah zat dari sistem yang mengandung sebanyak entitas elementer seperti atom dalam 0,012 kilogram karbon-12.

  7. Intensitas Cahaya
    Satuan: Kandela (cd)
    Kandela adalah intensitas cahaya dalam arah tertentu dari sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi $$540 times 10^{12}$$ hertz dan yang intensitas radiasinya dalam arah tersebut adalah $$1/683$$ watt per steradian.

Setiap besaran pokok ini penting karena mereka membentuk dasar untuk semua pengukuran lain dalam fisika, dan dengan demikian, dalam semua ilmu pengetahuan dan teknik. Penggunaan standar internasional untuk satuan-satuan ini memungkinkan ilmuwan dan insinyur di seluruh dunia untuk berkomunikasi dan membandingkan hasil mereka dengan presisi dan keakuratan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar