Mengenal Besaran Turunan dan Satuannya

Mencontek Official

Dalam dunia fisika, kita mengenal dua jenis besaran, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok adalah besaran yang satuan-satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain, seperti panjang (meter), massa (kilogram), dan waktu (detik). Sementara itu, besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok melalui persamaan fisika.

Apa Itu Besaran Turunan?

Besaran turunan adalah besaran yang didefinisikan dari dua atau lebih besaran pokok. Contohnya adalah luas, yang merupakan hasil kali dari panjang dan lebar, dengan satuan dasar meter persegi (m²). Besaran turunan ini mencakup banyak aspek dalam fisika, seperti kecepatan, percepatan, gaya, dan banyak lagi.

Satuan Besaran Turunan

Setiap besaran turunan memiliki satuan yang spesifik, yang biasanya merupakan kombinasi dari satuan-satuan besaran pokok. Berikut adalah beberapa contoh besaran turunan beserta satuannya:

  • Kecepatan: Satuan dasar kecepatan adalah meter per detik (m/s). Ini diperoleh dari panjang dibagi waktu.
  • Percepatan: Satuan dasar percepatan adalah meter per detik kuadrat (m/s²), yang merupakan turunan dari kecepatan dibagi waktu.
  • Gaya: Satuan gaya adalah Newton (N), yang merupakan hasil dari massa dikali percepatan (kg·m/s²).
  • Tekanan: Satuan tekanan adalah Pascal (Pa), yang didefinisikan sebagai gaya per satuan luas (N/m²).

Pentingnya Besaran Turunan

Besaran turunan memainkan peran penting dalam ilmu pengetahuan dan teknik. Mereka memungkinkan kita untuk menggambarkan fenomena fisik dalam istilah yang lebih spesifik dan mengukur berbagai efek dengan presisi. Tanpa besaran turunan, akan sulit untuk melakukan perhitungan yang diperlukan dalam desain teknik, prediksi cuaca, atau bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Dengan memahami besaran turunan dan satuannya, kita dapat lebih mengapresiasi bagaimana hukum fisika diterapkan dalam berbagai situasi dan bagaimana kita dapat memanfaatkannya untuk kemajuan teknologi.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar