Mengenal Lebih Dekat Rakaat Sholat Subuh

Mencontek Official

Sholat Subuh merupakan salah satu dari lima waktu sholat fardu yang diwajibkan bagi umat Islam. Sholat ini memiliki keistimewaan dan kedudukan yang penting dalam ibadah sehari-hari. Berikut adalah penjelasan mendetail mengenai rakaat dalam Sholat Subuh, dilengkapi dengan informasi tambahan yang relevan.

Jumlah Rakaat Sholat Subuh

Sholat Subuh terdiri dari 2 rakaat[1]. Ini adalah jumlah rakaat yang tetap dan tidak berubah, baik dilakukan secara individu maupun berjamaah. Sholat Subuh dilaksanakan pada waktu fajar, yaitu ketika cahaya putih muncul di ufuk timur hingga sebelum matahari terbit[2].

Keutamaan Sholat Subuh

Sholat Subuh memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah sebagai penanda waktu dimulainya aktivitas sehari-hari bagi seorang Muslim. Sholat ini juga merupakan simbol dari ketaatan dan komitmen seseorang terhadap perintah Allah SWT. Dalam hadis disebutkan bahwa sholat Subuh memiliki pahala yang setara dengan sholat malam[3].

Tata Cara Sholat Subuh

Tata cara pelaksanaan Sholat Subuh adalah sebagai berikut:

  1. Niat: Niat dilakukan di dalam hati dengan lafaz, "Sahaja aku solat fardu Subuh dua rakaat tunai kerana Allah Ta’ala"[1].
  2. Takbiratul Ihram: Mengangkat kedua tangan sambil membaca takbir.
  3. Surah Al-Fatihah: Membaca Surah Al-Fatihah diikuti dengan surah pendek lainnya.
  4. Rukuk dan Sujud: Melakukan rukuk dan sujud dengan tuma’ninah (ketenangan).
  5. Rakaat Kedua: Setelah bangun dari sujud, melaksanakan rakaat kedua dengan langkah yang sama.
  6. Doa Qunut: Pada rakaat kedua, sebelum sujud, dibacakan doa Qunut[2].
  7. Tahiyyat Akhir dan Salam: Mengakhiri sholat dengan duduk tahiyyat akhir dan memberikan salam ke kanan dan ke kiri.

Waktu Pelaksanaan Sholat Subuh

Waktu pelaksanaan Sholat Subuh dimulai dari terbitnya fajar sadiq hingga sebelum matahari terbit. Periode ini diperkirakan berlangsung selama kurang lebih 2 jam[2].

Kesimpulan

Sholat Subuh adalah sholat fardu yang terdiri dari 2 rakaat dan memiliki banyak keutamaan. Pelaksanaannya diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam. Sholat ini menjadi penanda awal hari bagi umat Islam dan merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan secara berjamaah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pemahaman kita tentang Sholat Subuh. Mari kita laksanakan Sholat Subuh dengan khusyuk dan penuh kesadaran akan keutamaannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar