Mengenal Niat Sholat Jenazah Perempuan: Keutamaan dan Tata Caranya

Mencontek Official

Sholat jenazah adalah salah satu kewajiban umat Islam yang tergolong sebagai fardhu kifayah, yang berarti jika dilakukan oleh sebagian orang, kewajiban tersebut gugur bagi yang lainnya. Sholat ini menjadi bentuk penghormatan terakhir kepada muslim yang telah meninggal dunia, sekaligus sebagai doa agar Allah SWT memberikan rahmat dan ampunan kepada almarhum atau almarhumah.

Keutamaan Sholat Jenazah

Sholat jenazah memiliki keutamaan yang besar dalam Islam. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda bahwa jika seorang muslim meninggal dan disholatkan oleh tiga shaf kaum muslimin, maka doa mereka akan dikabulkan (HR Tirmidzi dan Abu Daud). Dalam hadits lain, disebutkan bahwa barangsiapa yang menyaksikan jenazah sampai ia menyolatkannya, maka baginya satu qiroth. Dan barangsiapa yang menyaksikan hingga dimakamkan, maka baginya dua qiroth yang semisal dua gunung yang besar (HR Bukhari).

Rukun Sholat Jenazah

Rukun sholat jenazah ada delapan, yakni:

  1. Niat
  2. Berdiri bagi yang mampu
  3. Empat kali takbir
  4. Mengangkat tangan pada saat takbir pertama
  5. Membaca surat Al-Fatihah
  6. Membaca sholawat Nabi
  7. Berdoa untuk jenazah
  8. Salam

Tata Cara Sholat Jenazah

Berikut ini adalah tata cara sholat jenazah yang perlu diketahui:

  1. Takbiratul ihram sambil niat, lalu baca Al-Fatihah.
  2. Takbir kedua lalu baca sholawat.
  3. Takbir ketiga lalu doa jenazah.
  4. Takbir keempat lalu doa untuk jenazah dan orang-orang yang ia tinggalkan.
  5. Salam, yakni mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri sebagaimana sholat-sholat lainnya.

Niat Sholat Jenazah Perempuan

Niat dalam sholat jenazah dilakukan dengan mengingat dalam hati akan sholat jenazah empat kali takbir terhadap jenazah itu fardhu kifayah. Berikut ini lafadz niat sholat jenazah sebagai makmum untuk mayit perempuan:

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Artinya: "Saya niat sholat atas mayit ini dengan empat takbir karena menjalankan fardhu kifayah sebagai makmum karena Allah Ta’ala."

Sholat jenazah dapat dilaksanakan di rumah ataupun di masjid, baik secara jamaah maupun sendiri-sendiri. Namun, sholat jenazah berjamaah lebih afdol, dan makin banyak orang yang melaksanakannya, lebih besar pahalanya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi panduan bagi kita semua dalam melaksanakan sholat jenazah dengan penuh pengertian dan keikhlasan. Amin.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar