Mengungkap Rahasia di Balik Diameter: Rumus Luas Lingkaran

Mencontek Official

Menghitung luas lingkaran merupakan salah satu konsep dasar dalam geometri yang sering kita temui dalam berbagai perhitungan matematika. Rumus untuk menghitung luas lingkaran sangat sederhana, namun penting untuk dipahami dengan baik.

Apa Itu Diameter?

Diameter adalah garis lurus yang melewati pusat lingkaran dan menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran. Diameter simbolis dengan huruf ( D ) dalam rumus matematika dan merupakan dua kali panjang jari-jari (( r )), yaitu ( D = 2r ).

Rumus Luas Lingkaran Berdasarkan Diameter

Luas lingkaran (( A )) dapat dihitung jika kita mengetahui panjang diameter lingkaran tersebut. Rumus yang digunakan adalah:

$$ A = frac{pi D^2}{4} $$

di mana ( pi ) (pi) adalah konstanta matematika yang nilainya kira-kira 3,14159. Pi merupakan perbandingan antara keliling lingkaran dengan diameternya.

Contoh Perhitungan

Misalkan kita memiliki lingkaran dengan diameter 10 cm. Berdasarkan rumus di atas, luas lingkaran dapat dihitung sebagai berikut:

$$ A = frac{3,14159 times 10^2}{4} $$
$$ A = frac{3,14159 times 100}{4} $$
$$ A = frac{314,159}{4} $$
$$ A = 78,53975 text{ cm}^2 $$

Jadi, luas lingkaran dengan diameter 10 cm adalah 78,53975 cm².

Pentingnya Memahami Rumus Ini

Memahami rumus luas lingkaran sangat berguna dalam berbagai bidang, seperti arsitektur, teknik, dan bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika ingin mengetahui berapa banyak cat yang dibutuhkan untuk mengecat sebuah area lingkaran atau menghitung luas taman yang berbentuk lingkaran.

Dengan memahami rumus ini, kita dapat dengan mudah menghitung luas lingkaran hanya dengan mengetahui panjang diameternya, memudahkan kita dalam berbagai perhitungan dan aplikasi praktis.


Semoga artikel ini membantu Anda memahami lebih dalam tentang rumus luas lingkaran berdasarkan diameter. Matematika memang penuh dengan keajaiban yang siap untuk dijelajahi!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar