Mengungkap Rahasia Fungsi Kuadrat: Petualangan Matematika di Halaman 87

Mencontek Official

Matematika kelas 9 membawa kita pada sebuah petualangan yang menarik melalui konsep-konsep yang membangun fondasi berpikir logis dan analitis. Salah satu topik yang sering menarik perhatian adalah fungsi kuadrat, yang terdapat pada halaman 87 buku matematika kelas 9. Fungsi kuadrat merupakan bagian penting dari kurikulum matematika karena ia mengajarkan kita tentang pola, hubungan, dan cara menggambarkan fenomena alam serta situasi nyata dalam bentuk grafik.

Mengenal Fungsi Kuadrat

Fungsi kuadrat adalah fungsi polinomial dengan derajat dua. Bentuk umum dari fungsi kuadrat adalah $$ f(x) = ax^2 + bx + c $$ di mana ( a ), ( b ), dan ( c ) adalah konstanta dengan ( a neq 0 ). Nilai ( a ) menentukan kecuraman parabola, ( b ) mempengaruhi posisi sumbu simetri, dan ( c ) menunjukkan titik potong dengan sumbu y.

Grafik Fungsi Kuadrat

Grafik dari fungsi kuadrat adalah parabola. Jika ( a > 0 ), parabola terbuka ke atas, dan jika ( a < 0 ), parabola terbuka ke bawah. Titik puncak parabola adalah titik terendah atau tertinggi pada grafik, tergantung pada arah bukaan parabola.

Menyelami Halaman 87

Pada halaman 87, siswa diajak untuk mengisi tabel koordinat berdasarkan fungsi kuadrat yang diberikan dan kemudian menggambar grafiknya. Ini adalah latihan yang sangat baik untuk memahami bagaimana perubahan nilai ( x ) mempengaruhi nilai ( y ) dan bagaimana semua titik ini bersatu membentuk sebuah parabola.

Contoh soal yang mungkin ditemukan di halaman ini adalah:

  • Diketahui fungsi kuadrat ( y = x^2 + 2x ). Lengkapi tabel koordinat berikut dan gambarkan grafiknya.
( x ) ( y )
-3
-2
-1
0
1
2
3

Setelah mengisi tabel, siswa akan menggunakan titik-titik koordinat tersebut untuk menggambar grafik pada bidang koordinat.

Kesimpulan

Fungsi kuadrat dan grafiknya adalah alat yang sangat berguna dalam matematika. Mereka tidak hanya membantu kita memahami konsep-konsep matematika yang lebih kompleks tetapi juga memiliki aplikasi praktis dalam berbagai bidang seperti fisika, ekonomi, dan teknik. Halaman 87 buku matematika kelas 9 memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjelajahi dan memahami konsep ini secara mendalam. Selamat belajar dan semoga sukses dalam petualangan matematika Anda!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar