Mengungkap Rahasia Rumus Keliling Setengah Lingkaran

Mencontek Official

Mempelajari konsep geometri dapat menjadi petualangan yang menarik, terutama ketika kita menyelami rumus-rumus yang memungkinkan kita untuk menghitung aspek-aspek tertentu dari berbagai bentuk. Salah satu konsep yang sering menarik perhatian adalah keliling setengah lingkaran. Bagaimana kita dapat menghitung keliling bentuk yang tampaknya tidak lengkap ini?

Pengertian Setengah Lingkaran

Setengah lingkaran adalah bentuk yang dihasilkan ketika lingkaran penuh dibagi menjadi dua bagian yang sama besar dengan garis diameter. Setiap bagian tersebut merupakan setengah lingkaran dan memiliki keliling yang unik.

Rumus Keliling Setengah Lingkaran

Untuk menghitung keliling setengah lingkaran, kita perlu memahami bahwa keliling tersebut terdiri dari panjang busur lingkaran dan panjang diameter yang menjadi pembatasnya. Rumus umum untuk keliling setengah lingkaran adalah:

$$ K = pi r + 2r $$

di mana:

  • ( K ) adalah keliling setengah lingkaran,
  • ( pi ) adalah konstanta Pi (( approx 3,14 )),
  • ( r ) adalah jari-jari lingkaran.

Penjelasan Rumus

Rumus di atas terdiri dari dua bagian:

  1. ( pi r ): Ini adalah panjang busur setengah lingkaran. Karena setengah lingkaran adalah setengah dari lingkaran penuh, kita menggunakan ( pi ) (bukan ( 2pi )) dikalikan dengan jari-jari.
  2. ( 2r ): Ini adalah panjang diameter lingkaran, yang juga merupakan garis lurus yang membagi lingkaran menjadi dua setengah lingkaran.

Contoh Perhitungan

Misalkan kita memiliki setengah lingkaran dengan jari-jari 10 cm. Berapakah kelilingnya?

$$ K = pi times 10 , text{cm} + 2 times 10 , text{cm} $$
$$ K = 31,4 , text{cm} + 20 , text{cm} $$
$$ K = 51,4 , text{cm} $$

Jadi, keliling setengah lingkaran dengan jari-jari 10 cm adalah 51,4 cm.

Dengan memahami rumus ini, kita dapat dengan mudah menghitung keliling setengah lingkaran, yang berguna dalam berbagai aplikasi praktis, mulai dari proyek-proyek seni hingga bidang teknik. Selamat mengeksplorasi dunia geometri!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar