Mengungkap Rahasia Rumus Lebar Persegi Panjang

Mencontek Official

Persegi panjang adalah salah satu bentuk geometri dasar yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari, dari buku dan ponsel hingga meja dan jendela. Salah satu aspek penting dari persegi panjang adalah lebarnya. Lebar persegi panjang, bersama dengan panjangnya, menentukan luas keseluruhan bentuk tersebut. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi rumus untuk menghitung lebar persegi panjang dan bagaimana penerapannya dalam berbagai situasi.

Pengertian Lebar Persegi Panjang

Lebar persegi panjang adalah salah satu dimensi sisi yang lebih pendek dari dua dimensi yang berbeda pada persegi panjang. Biasanya, lebar diukur dalam satuan panjang seperti meter (m), sentimeter (cm), atau inci (in).

Rumus Lebar Persegi Panjang

Untuk menghitung lebar persegi panjang, kita perlu mengetahui luas ((L)) dan panjang ((P)) dari persegi panjang tersebut. Rumus yang digunakan adalah:

$$
text{Lebar} = frac{L}{P}
$$

Dimana:

  • (L) adalah luas persegi panjang
  • (P) adalah panjang persegi panjang

Contoh Penerapan Rumus

Misalkan kita memiliki sebuah persegi panjang dengan luas (90 text{ cm}^2) dan panjang (15 text{ cm}). Untuk menemukan lebarnya, kita akan menggunakan rumus di atas:

$$
text{Lebar} = frac{90 text{ cm}^2}{15 text{ cm}} = 6 text{ cm}
$$

Dengan demikian, lebar dari persegi panjang tersebut adalah (6 text{ cm}).

Kesimpulan

Memahami rumus lebar persegi panjang sangat berguna dalam berbagai bidang, mulai dari matematika hingga desain dan arsitektur. Dengan rumus ini, kita dapat dengan mudah menentukan salah satu dimensi penting dari persegi panjang yang akan membantu dalam perencanaan dan pembuatan berbagai objek dan struktur.

Semoga artikel ini memberikan wawasan yang bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang geometri dasar. Selamat belajar dan teruslah berinovasi dengan matematika!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar