Misteri Hari Kiamat: Nama dan Tanda-tandanya

Mencontek Official

Dalam berbagai tradisi, hari kiamat atau akhir zaman sering digambarkan sebagai periode yang penuh dengan peristiwa-peristiwa besar yang menandai berakhirnya dunia seperti yang kita kenal. Berikut adalah beberapa nama yang sering dikaitkan dengan hari kiamat beserta tanda-tandanya:

Al-Qiyamah

Dalam Islam, hari kiamat dikenal sebagai Al-Qiyamah, yang berarti ‘Hari Kebangkitan’. Hari ini ditandai dengan terompet sangkakala yang akan menandai berakhirnya waktu dan kebangkitan manusia untuk diadili. Beberapa tanda yang disebutkan dalam hadits meliputi munculnya Dajjal, turunnya Nabi Isa, dan matahari terbit dari barat.

Ragnarök

Dalam mitologi Nordik, Ragnarök adalah serangkaian peristiwa, termasuk pertempuran besar yang akan mengakibatkan kematian sejumlah dewa besar, seperti Odin, Thor, Freyr, dan Loki. Peristiwa ini juga akan diikuti oleh banjir besar yang akan menenggelamkan dunia.

Armageddon

Dalam tradisi Kristen, Armageddon merujuk pada pertempuran akhir antara kebaikan dan kejahatan. Nama ini berasal dari Gunung Megiddo di Israel, tempat yang dipercaya akan menjadi lokasi pertempuran ini. Tanda-tandanya sering dikaitkan dengan wahyu dalam Kitab Wahyu.

Yawm ad-Din

Istilah lain dalam Islam adalah Yawm ad-Din, atau ‘Hari Penghakiman’, di mana semua manusia akan dihadapkan pada keadilan ilahi untuk menerima balasan atas perbuatan mereka selama hidup di dunia.

Kalki Avatar

Dalam agama Hindu, diyakini bahwa Kalki Avatar, inkarnasi terakhir dari Dewa Vishnu, akan muncul di akhir Kali Yuga. Dia akan mengalahkan kejahatan dan memulihkan Dharma (tatanan moral) sebelum dunia memasuki siklus kreasi baru.

Setiap tradisi memiliki interpretasi dan keyakinan tersendiri tentang hari kiamat, namun tema umum yang muncul adalah ide tentang akhir dari suatu era dan dimulainya era baru, seringkali setelah serangkaian peristiwa apokaliptik yang dramatis. Meskipun banyak yang memandang hari kiamat sebagai konsep yang suram, beberapa tradisi juga melihatnya sebagai kesempatan untuk pembaruan dan awal yang baru.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar