Nilai Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Mencontek Official

Keadilan sosial merupakan salah satu pilar fundamental yang menopang ideologi dan konstitusi negara Indonesia, terkandung dalam sila kelima Pancasila: "Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia". Nilai ini mencerminkan aspirasi untuk menciptakan masyarakat yang adil dan merata, di mana setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan sejahtera.

Pengertian Keadilan Sosial

Keadilan sosial adalah prinsip yang mengedepankan pemerataan hak dan kewajiban, distribusi keadilan ekonomi, serta peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat Indonesia. Konsep ini berfokus pada hak setiap individu untuk hidup dalam kesetaraan, keamanan, dan kesejahteraan yang layak.

Pancasila sebagai Dasar Negara

Pancasila, yang disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945, adalah ideologi dan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila berasal dari Bahasa Sanskerta, "panca" berarti lima dan "sila" berarti prinsip, yang secara bersama-sama diartikan sebagai lima prinsip dasar yang menjadi pandangan hidup bangsa.

Nilai dalam Sila Kelima Pancasila

Nilai yang terkandung dalam sila kelima adalah nilai keadilan. Negara Indonesia didirikan dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan umum, baik lahir maupun batin, serta mengakui dan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dengan prinsip permusyawaratan dalam lembaga perwakilan rakyat. Negara wajib menjamin setiap warga negaranya mendapatkan pendidikan, pekerjaan, dan penghidupan yang layak, bermartabat, dan berkeadilan.

Pengamalan Nilai Sila Kelima Pancasila

Pengamalan nilai sila kelima Pancasila mencakup mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan. Ini termasuk mengembangkan sikap adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta menghormati hak orang lain. Butir-butir pengamalan ini dirumuskan dalam Ketetapan MPR Nomor I/MPR/2003.

Kesimpulan

Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah cita-cita yang terus diupayakan melalui berbagai kebijakan dan program pemerintah. Hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab negara, tetapi juga seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.

: KOMPAS.com
: Kumparan
: Good Doctor

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar