Nono: Sang Juara Matematika dari Nusa Tenggara Timur

Mencontek Official

Indonesia kembali menorehkan tinta emas di kancah internasional dengan prestasi memukau dari seorang anak kecil. Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay, atau yang akrab disapa Nono, telah mengukir sejarah sebagai juara pertama dalam lomba matematika tingkat dunia.

Kiprah Nono di Panggung Dunia

Pada usia yang baru menginjak delapan tahun, Nono berhasil mengalahkan 7.000 peserta dari berbagai negara dalam International Abacus World Competition. Kompetisi yang telah berlangsung sejak tahun 2003 ini menyaksikan Nono sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil membawa pulang gelar juara.

Nono, yang berasal dari SD Inpres Buraen 2, Kabupaten Kupang, NTT, telah menunjukkan bakat dan ketekunannya dalam matematika dengan menyelesaikan 15.201 file soal selama setahun penuh. Soal-soal tersebut dikerjakan secara virtual atau daring, dan juga melalui ujian lisan dalam Bahasa Inggris.

Inspirasi dari Nusa Tenggara Timur

Prestasi Nono tidak hanya membuat bangga keluarga dan sekolahnya, tetapi juga telah menginspirasi banyak orang, termasuk Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Laiskodat. Gubernur Viktor menyatakan kebanggaannya melalui akun media sosialnya, menggambarkan Nono sebagai simbol harapan dan kecerdasan anak Indonesia.

Bakat dan Dedikasi Sejak Dini

Nono telah menunjukkan tanda-tanda kejeniusan sejak usia dini. Menurut sang ibu, Nono sudah lancar membaca sejak usia lima tahun dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Keaktifan dan kecerdasannya telah mendapat perhatian dari lembaga pendidikan Abacus Brain Gym, yang kemudian memberikan beasiswa kepadanya untuk mengembangkan kemampuan dalam sempoa dan komputer.

Masa Depan Cerah

Dengan idola seperti Elon Musk dan dukungan penuh dari keluarga serta lembaga pendidikan, masa depan Nono di dunia matematika dan sains terlihat sangat cerah. Kita semua menantikan lebih banyak lagi prestasi yang akan ditorehkan oleh anak-anak genius Indonesia seperti Nono.

: Profil Nono, Siswa SD Asal NTT Juara Matematika Dunia! – IDN Times

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar