Pancasila: Dasar Negara Indonesia yang Autentik dan Konstitusional

Mencontek Official

Pancasila merupakan dasar filosofis negara Republik Indonesia yang memiliki peran penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai ideologi dan dasar negara, Pancasila terdiri dari lima sila yang menjadi pedoman bagi seluruh warga negara Indonesia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari serta dalam membangun bangsa dan negara.

Rumusan Resmi Pancasila

Rumusan resmi dan sah Pancasila sebagai dasar negara terdapat dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) pada alinea keempat. Pancasila disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dalam sidang yang pertama.

Isi Lengkap Pancasila dalam UUD 1945

Berikut adalah isi lengkap dari Pancasila yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Peran Pancasila

Pancasila tidak hanya berfungsi sebagai dasar negara tetapi juga sebagai panduan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila seperti gotong-royong, keadilan, dan demokrasi menjadi acuan dalam pembuatan kebijakan dan program pembangunan di Indonesia.

Pemantapan Nilai-nilai Pancasila

Pemantapan dan penegakan nilai-nilai Pancasila menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat Indonesia. Upaya ini dilakukan melalui penyelenggaraan pendidikan kepemimpinan yang berbasis Pancasila dan promosi nilai-nilai Pancasila di tingkat internasional.

Dengan memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, diharapkan Indonesia dapat terus berkembang menjadi negara yang adil, makmur, dan sejahtera. Pancasila sebagai dasar negara yang sah dan resmi adalah landasan utama dalam memandu negara Indonesia menuju arah pembangunan yang berkelanjutan dan merata untuk seluruh rakyat Indonesia.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar