Pancasila: Pilar Kedaulatan Bangsa Indonesia

Mencontek Official

Pancasila tidak hanya merupakan simbol identitas nasional, tetapi juga fondasi yang kokoh bagi negara dan pemerintahan Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila berperan penting dalam membentuk dan mempertahankan nilai-nilai yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Arti dan Kedudukan Pancasila

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara telah ditegaskan dalam Ketetapan MPR No. XVIII/MPR/1998 yang menyatakan bahwa Pancasila adalah ideologi nasional, cita-cita, dan tujuan negara Republik Indonesia. Pancasila merupakan cakupan dari hukum dasar tertulis dan tidak tertulis di Indonesia, yang mengatur segala bentuk pemerintahan dan kehidupan berbangsa.

Fungsi Pancasila

Pancasila difungsikan untuk mengatur penyelenggaraan negara. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya harus dijabarkan dalam segala peraturan perundang-undangan dan proses informasi dalam segala bidang kehidupan. Pancasila juga berfungsi sebagai sumber nilai, norma, dan kaidah, baik moral maupun hukum negara.

Pancasila sebagai Sumber Hukum Dasar Nasional

Pancasila diakui sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Hal ini memiliki landasan yuridis formal dalam alenia keempat Pembukaan UUD 1945 dan telah ditegaskan dalam berbagai ketetapan MPR.

Implementasi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa

Pancasila tidak hanya sekadar pandangan atau ideologi, tetapi telah diakui secara resmi sebagai dasar yang mengikat dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila berlandaskan pada nilai filsafat yang menjadi dasar dijadikannya peraturan dan norma-norma yang berlaku di Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara adalah manifestasi dari jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia. Oleh karena itu, setiap warga negara wajib menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, sebagai wujud komitmen terhadap kedaulatan bangsa dan negara.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar