Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat: Upaya Indonesia Melawan COVID-19

Mencontek Official

PPKM, yang merupakan akronim dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, adalah kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka menanggulangi penyebaran virus COVID-19. Kebijakan ini pertama kali diberlakukan pada tanggal 11 hingga 25 Januari 2021, mencakup wilayah DKI Jakarta dan 23 kabupaten/kota di enam provinsi yang dianggap memiliki risiko tinggi penyebaran virus.

Sebelum PPKM, pemerintah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 17 April 2020 dan kemudian PPKM Mikro pada 9 Februari hingga 22 Februari 2021. PPKM Mikro dirancang dengan aturan yang lebih detail dan zonasi yang diawasi mulai dari tingkat RT/RW.

Pada awal Juli 2021, sebagai respons terhadap lonjakan kasus COVID-19, termasuk varian baru, pemerintah mengumumkan PPKM Darurat yang berlaku dari 3 hingga 20 Juli 2021, khususnya di Jawa dan Bali. Namun, karena kasus terus meningkat, PPKM Darurat diperluas ke 15 daerah di luar Jawa dan Bali.

PPKM Level 1, yang diberlakukan saat ini, merupakan bagian dari empat level PPKM yang merujuk pada rekomendasi WHO tentang situasi COVID-19 di suatu wilayah. PPKM Level 1 menunjukkan bahwa angka kasus positif COVID-19 kurang dari 20 orang per 100 ribu penduduk per minggu, rawat inap di rumah sakit kurang dari 5 orang per 100 ribu penduduk per minggu, dan angka kematian kurang dari 1 orang per 100 ribu penduduk di daerah tersebut.

Kebijakan PPKM ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk mengendalikan pandemi dengan cara yang terstruktur dan berbasis data, sekaligus menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat di berbagai daerah.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar