Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Permainan Naik Turun Tangga

Mencontek Official

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah menjadi metode yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar, khususnya pada mata pelajaran matematika. Salah satu contoh yang menarik adalah penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD melalui permainan naik turun tangga.

Latar Belakang

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD sering kali disebabkan oleh kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan mampu menggugah antusiasme siswa. Hal ini mendorong para pendidik untuk mencari alternatif strategi pembelajaran yang lebih efektif.

Penelitian dan Metodologi

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Edi Partolo pada tahun pelajaran 2018/2019, permainan naik turun tangga diterapkan sebagai metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi luas bangun datar. Penelitian dilaksanakan di sebuah Sekolah Dasar/Madrasah dengan jumlah subjek penelitian sebanyak lima siswa kelas V.

Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan non-tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan soal-soal tes akhir siklus.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, hanya 1 siswa (20%) yang mencapai kriteria ketuntasan. Namun, setelah penerapan permainan naik turun tangga, semua siswa (100%) berhasil tuntas pada akhir siklus 1.

Kesimpulan

Permainan naik turun tangga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD, khususnya dalam penyelesaian masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar. Oleh karena itu, metode ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di kelas lain.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penelitian ini, Anda dapat mengunjungi sumber berikut.


Catatan: Artikel ini telah disesuaikan dengan format tanda baca yang digunakan di Indonesia, sesuai dengan permintaan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar