Pesona Malam dalam Lirik Lagu Padang Bulan

Mencontek Official

Lagu "Padang Bulan" adalah sebuah tembang dolanan Jawa yang memiliki sejarah dan makna mendalam. Diciptakan oleh Sunan Giri, lagu ini tidak hanya sekedar lagu anak-anak, tetapi juga sarat dengan nilai-nilai pendidikan dan keagamaan.

Sejarah dan Makna Lagu

Sunan Giri, salah satu dari Wali Songo yang terkenal, menciptakan "Padang Bulan" sebagai metode dakwah yang menyenangkan dan mendidik. Tembang ini berasal dari Jawa Timur dan sering dinyanyikan dalam acara-acara selawatan. Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf adalah salah satu yang terkenal dengan penyajian lagu ini dalam bentuk sholawat, menambahkan kalimat selawat Nabi ke dalam liriknya.

Lirik dan Terjemahan

Berikut adalah lirik asli dari "Padang Bulan" beserta terjemahannya:

Lirik Jawa:
Yo pra kanca dolanan ing njaba
padhang wulan padhange kaya rina
Rembulane e sing awe-awe
Ngelingake aja padha turu sore

Yo ‘pra kanca dolanan ing jaba
rame-rame kene akeh kancane
Langite pancen sumebyar rina
yo padha dolanan sinambi guyonan

Terjemahan Indonesia:
Ayo teman, mari bermain di luar
Sinar bulan terang bagaikan fajar
Bulan yang memancarkan pesonanya
Mengingatkan kita agar tidak tidur sore

Ayo teman, mari bermain di luar
Ramai-ramai di sini banyak temannya
Langit memang terang bagaikan fajar
Mari bermain sambil bercanda

Pesan Tersembunyi

Lagu ini mengajak anak-anak untuk menghargai keindahan alam, khususnya cahaya bulan yang diciptakan Tuhan. Selain itu, ada ajakan untuk mengisi waktu sore dengan kegiatan yang bermanfaat seperti belajar atau beribadah.

Versi Sholawat oleh Habib Syech

Versi sholawat dari "Padang Bulan" yang dibawakan oleh Habib Syech menambahkan unsur religius yang lebih kuat dengan memasukkan kalimat selawat. Ini menunjukkan bagaimana lagu tradisional dapat diadaptasi dan tetap relevan di tengah masyarakat modern.

Lagu "Padang Bulan" adalah contoh bagaimana seni dan musik menjadi bagian penting dalam pendidikan dan dakwah di Indonesia. Melalui lirik yang sederhana namun penuh makna, lagu ini terus diwariskan dari generasi ke generasi.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar