Pesona Melodi dari Utara: Si Patokaan

Mencontek Official

Lagu "Si Patokaan" adalah sebuah simfoni yang mengalun dari Sulawesi Utara, mengungkapkan kehangatan dan kelembutan hati seorang ibu. Dalam setiap baitnya, lagu ini menyentuh dengan lirik yang mencerminkan kehidupan masyarakat Minahasa yang kaya akan keberagaman suku dan budaya.

Asal-Usul dan Makna

"Si Patokaan" bukan sekadar melodi, melainkan sebuah narasi yang mengisahkan kecemasan seorang ibu terhadap anaknya yang telah dewasa dan hendak merantau untuk mencari nafkah. Tradisi migrasi yang erat kaitannya dengan lirik lagu ini adalah bagian dari budaya umum di Sulawesi Utara, bahkan di banyak daerah lain di Indonesia.

Nama "Si Patokaan" sendiri adalah panggilan akrab untuk anak-anak di daerah Minahasa, Sulawesi Utara, yang menjadi fokus utama dalam lagu ini. Lagu ini sering dinyanyikan dalam berbagai acara penting, menegaskan pentingnya nilai-nilai keluarga dan tradisi.

Lirik dan Interpretasi

Berikut adalah lirik lagu "Si Patokaan" beserta interpretasinya:

Sayang sayang si patokaan
Matego tego gorokan sayang
Sako mangemo tanah man jauh
Mangewo milei lek lako sayang

Lirik ini menggambarkan dialog antara ibu dan anak, di mana "Si Patokaan" adalah anak yang disayangi. "Matego tego gorokan sayang" menggambarkan keadaan orang-orang yang terseok-seok, mungkin karena kehilangan arah atau kesulitan yang dihadapi saat merantau.

"Sayang sayang si patokaan" adalah panggilan ibu kepada anaknya, mengingatkan kita pada kasih sayang yang tiada batas meskipun terpisah oleh jarak. "Sako mangemo tanah man jauh" berarti jika kamu pergi ke tanah yang jauh, sementara "Mangewo milei lek lako sayang" adalah pesan ibu agar anaknya berhati-hati dalam setiap langkahnya.

Kesimpulan

Lagu "Si Patokaan" lebih dari sekadar warisan musik; ia adalah cerminan dari nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang mendalam. Melalui nada dan kata, lagu ini mengajarkan kita tentang pentingnya melepas dengan cinta, memberikan doa, dan harapan untuk keselamatan orang yang kita sayangi saat mereka menjelajahi dunia.

: Tirto.ID
: Liputan6
: Lagu Anak TV

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar