Riel Kamboja: Uang Kekuatan Ekonomi di Jantung Asia Tenggara

Mencontek Official

Mata uang resmi Kerajaan Kamboja adalah Riel, yang dalam bahasa setempat ditulis sebagai រៀល dan memiliki simbol mata uang . Riel telah menjadi mata uang resmi sejak tahun 1980, menggantikan Riel Kamboja Lama yang sebelumnya berlaku.

Sejarah Singkat Riel Kamboja

Riel pertama kali diperkenalkan pada tahun 1953 ketika Kamboja memperoleh kemerdekaan dari Prancis. Namun, pada masa perang dan konflik yang berkepanjangan, penggunaan riel sempat terhenti dan mata uang asing seperti Dolar Amerika Serikat lebih dominan. Pada tahun 1980, pemerintah Kamboja kembali memperkenalkan riel sebagai mata uang resmi negara.

Nilai Tukar Riel

Nilai tukar riel terhadap rupiah Indonesia berfluktuasi sesuai dengan kondisi pasar. Sebagai contoh, pada suatu waktu, nilai tukar adalah 1 KHR = 3,870 IDR. Namun, nilai ini dapat berubah-ubah dan penting bagi para pelaku ekonomi untuk selalu memantau kurs terkini.

Penggunaan Riel di Kamboja

Meskipun riel adalah mata uang resmi, Dolar Amerika Serikat juga luas digunakan di Kamboja, terutama dalam transaksi bisnis dan pariwisata. Banyak harga barang dan jasa di Kamboja seringkali ditampilkan dalam kedua mata uang ini.

Kesimpulan

Riel Kamboja tidak hanya merupakan alat transaksi yang sah di negara itu, tetapi juga simbol kedaulatan dan identitas nasional. Dengan sejarah yang kaya dan peran penting dalam ekonomi Kamboja, riel akan terus menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari masyarakat Kamboja.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar