Satu Nusa Satu Bangsa: Lirik yang Menyatukan

Mencontek Official

Lagu "Satu Nusa Satu Bangsa" merupakan salah satu lagu wajib nasional Indonesia yang memiliki makna mendalam tentang persatuan. Diciptakan oleh Liberty Manik pada tahun 1947, lagu ini sering dikaitkan dengan Sumpah Pemuda karena liriknya yang mencerminkan isi teks Sumpah Pemuda.

Lirik Lagu

Berikut adalah lirik dari lagu "Satu Nusa Satu Bangsa":

Satu nusa
Satu bangsa
Satu bahasa kita
Tanah air
Pasti jaya
Untuk selama-lamanya
Indonesia pusaka
Indonesia tercinta
Nusa bangsa
Dan bahasa
Kita bela bersama

Makna Lirik

Lirik lagu ini menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman budaya yang ada di Indonesia. Setiap bait dari lagu ini mengajak kita untuk menghargai dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah Penciptaan

Liberty Manik, pencipta lagu ini, terinspirasi oleh semangat persatuan yang digaungkan oleh para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, yang kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Meskipun lagu ini diciptakan hampir dua dekade setelah Sumpah Pemuda, semangat persatuan yang sama tetap terasa kuat dalam setiap kata.

Lagu "Satu Nusa Satu Bangsa" pertama kali diperdengarkan kepada publik melalui radio dan sejak itu menjadi simbol persatuan bangsa Indonesia. Hingga kini, lagu ini tetap sering dinyanyikan dalam berbagai upacara dan peringatan nasional sebagai pengingat akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Pentingnya Lagu Ini Bagi Indonesia

Lagu "Satu Nusa Satu Bangsa" tidak hanya sekedar lirik dan melodi, tetapi juga merupakan manifestasi dari identitas nasional dan harapan untuk kemajuan Indonesia. Lagu ini mengingatkan kita bahwa meskipun terdiri dari berbagai suku dan bahasa, kita semua adalah satu bangsa yang bersatu dalam satu nusa dan satu bahasa.

Lagu ini terus menginspirasi generasi muda Indonesia untuk terus menjaga nilai-nilai luhur bangsa dan berkontribusi dalam memajukan negara. Melalui lagu ini, kita diajak untuk selalu ingat bahwa persatuan adalah kunci utama dalam mencapai cita-cita dan tujuan bersama sebagai bangsa.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar