Sejarah dan Makna Peringatan Hari Pancasila 1 Juni

Mencontek Official

Setiap tanggal 1 Juni, bangsa Indonesia memperingati hari yang sangat bersejarah, yaitu Hari Lahir Pancasila. Pancasila merupakan dasar filosofis negara Indonesia dan menjadi panduan bagi seluruh warga negara dalam berbagai aspek kehidupan. Tanggal ini dipilih karena pada hari itu, di tahun 1945, Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, mengusulkan konsep dasar negara yang kemudian dikenal dengan nama Pancasila.

Latar Belakang Penetapan 1 Juni sebagai Hari Pancasila

Penetapan tanggal 1 Juni sebagai Hari Pancasila tidak lepas dari konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Pada masa itu, Indonesia sedang berada di bawah tekanan penjajahan dan berusaha untuk merdeka. Jepang, yang saat itu menguasai Indonesia, mulai menjanjikan kemerdekaan sebagai upaya untuk mendapatkan dukungan dari rakyat Indonesia di tengah kekalahan mereka dalam Perang Pasifik.

Dalam rangka persiapan kemerdekaan, dibentuklah Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), yang kemudian mengadakan sidang pertama pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Sidang ini berfokus pada pembahasan dasar negara yang akan diadopsi oleh Indonesia merdeka.

Pidato Soekarno dan Rumusan Pancasila

Pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pandangannya mengenai dasar negara. Beliau mengusulkan lima prinsip yang harus menjadi fondasi bagi negara Indonesia, yaitu:

  1. Kebangsaan Indonesia
  2. Internasionalisme atau Perikemanusiaan
  3. Mufakat atau Demokrasi
  4. Kesejahteraan Sosial
  5. Ketuhanan yang Berkebudayaan

Pidato yang disampaikan Soekarno tersebut diterima secara aklamasi oleh anggota BPUPKI dan menjadi cikal bakal dari Pancasila yang kita kenal saat ini.

Penetapan Hari Lahir Pancasila

Setelah melalui proses yang panjang dan berbagai sidang, rumusan Pancasila akhirnya dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 dan disahkan sebagai dasar negara pada Sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945. Kemudian, melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, Presiden Joko Widodo secara resmi menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

Peringatan Hari Pancasila setiap tahunnya menjadi momen penting bagi seluruh warga negara Indonesia untuk mengenang jasa para pendiri negara dan mengingat kembali nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara yang berlandaskan kebinekaan dan persatuan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar