Surat Al-Quraisy: Kecintaan dan Kehidupan Kaum Quraisy

Mencontek Official

Surat Al-Quraisy adalah surah ke-106 dalam Al-Qur’an yang terdiri dari 4 ayat. Surah ini tergolong surah Makkiyah dan memiliki kedalaman makna yang menggambarkan kehidupan serta kebiasaan kaum Quraisy. Kata "Quraisy" sendiri merujuk pada suku yang mendapat kepercayaan menjaga Ka’bah, yang merupakan pusat ibadah umat Islam.

Bacaan Latin Surat Al-Quraisy

Berikut adalah bacaan latin dari Surat Al-Quraisy:

  1. Li’ilāfi quraisy
  2. Ilāfihim rihlatasy-syitā’i waṣ-ṣaif
  3. Falya’budū rabba hāżal-bait
  4. Allażī aṭ’amahum min jū’in wa āmanahum min khauf

Terjemahan Surat Al-Quraisy

Disebabkan oleh kebiasaan orang-orang Quraisy,
(yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas (sehingga mendapatkan banyak keuntungan),
maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Ka’bah),
yang telah memberi mereka makanan untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa takut.

Tafsir dan Makna

Surat Al-Quraisy secara umum menerangkan tentang kehidupan kaum Quraisy yang diberkahi dengan kemudahan dalam perjalanan dagang mereka di musim dingin dan musim panas. Hal ini merupakan nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, sehingga mereka diingatkan untuk menyembah-Nya sebagai bentuk rasa syukur atas segala kemudahan dan keamanan yang telah diberikan.

Surah ini juga mengingatkan kita tentang pentingnya mengakui nikmat yang diberikan oleh Allah dan menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk lebih taat dan dekat kepada-Nya. Dengan menyadari dan mensyukuri nikmat, kita akan lebih mudah untuk menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Demikianlah penjelasan tentang Surat Al-Quraisy dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahannya. Semoga bermanfaat dan menambah kecintaan kita terhadap Al-Qur’an dan makna-makna yang terkandung di dalamnya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar