Tanda-Tanda Kiamat Besar dalam Pandangan Islam

Mencontek Official

Dalam ajaran Islam, kiamat besar atau hari akhir adalah suatu hari yang pasti terjadi, di mana seluruh kehidupan di dunia ini akan berakhir dan setiap manusia akan dihisab atau diadili atas segala amal perbuatannya. Kiamat besar ini diawali dengan munculnya beberapa tanda yang telah disebutkan dalam hadits-hadits Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai tanda-tanda kiamat besar tersebut.

Kemunculan Dajjal

Dajjal digambarkan sebagai salah satu fitnah terbesar yang akan dihadapi umat manusia. Dia akan muncul dan menyesatkan banyak orang dengan kekuatan dan tipu dayanya. Dajjal akan mengklaim dirinya sebagai tuhan dan memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal yang luar biasa, yang akan membuat banyak orang tertipu dan mengikutinya.

Turunnya Nabi Isa AS

Nabi Isa AS akan turun ke bumi untuk membunuh Dajjal. Kedatangan Nabi Isa ini merupakan salah satu tanda penting yang menunjukkan bahwa hari kiamat sudah sangat dekat. Nabi Isa akan memimpin umat manusia dan mengembalikan keadilan serta perdamaian di dunia.

Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj adalah dua suku yang digambarkan dalam Al-Quran sebagai makhluk yang penuh dengan kerusakan. Mereka akan keluar dari tempat persembunyiannya dan menyebabkan kerusakan besar di bumi. Mereka akan membunuh tanpa pandang bulu dan menghancurkan apa saja yang mereka temui.

Terbitnya Matahari dari Barat

Salah satu tanda besar kiamat yang paling menonjol adalah matahari yang terbit dari arah barat, berlawanan dengan kebiasaan sehari-hari di mana matahari terbit dari timur. Ini akan menjadi peristiwa yang tidak bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan dan akan menjadi peringatan bagi semua orang bahwa hari akhir sudah dekat.

Munculnya Asap Besar

Asap besar akan muncul dan menutupi seluruh bumi. Asap ini akan menyebabkan orang-orang yang beriman merasakan sesak yang ringan, sedangkan bagi orang-orang kafir, asap tersebut akan menyebabkan kesakitan yang sangat.

Munculnya Binatang Bumi

Sebuah binatang besar akan muncul dari dalam bumi dan akan berbicara kepada manusia. Binatang ini akan menandai orang-orang yang beriman dan kafir dengan tanda khusus.

Api yang Menggiring Manusia

Api besar akan muncul dan menggiring manusia menuju tempat mereka akan dihisab. Api ini akan menjadi salah satu tanda terakhir sebelum hari kiamat benar-benar terjadi.

Kiamat besar adalah bagian dari keyakinan dasar dalam Islam dan merupakan salah satu dari rukun iman. Meskipun tanda-tanda ini terdengar menakutkan, dalam Islam diajarkan bahwa yang terpenting adalah bagaimana seseorang menjalani kehidupannya di dunia ini dengan penuh keimanan dan amal saleh, sehingga ketika hari kiamat tiba, mereka dapat menghadapinya dengan tenang dan penuh harapan akan rahmat Allah SWT.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar