Taqaballahu Minna Wa Minkum: Doa Persaudaraan di Hari Raya

Mencontek Official

Taqaballahu Minna Wa Minkum adalah ungkapan yang sering terdengar di antara umat Islam, terutama saat merayakan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Ungkapan ini memiliki makna yang dalam dan mengandung doa agar semua amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

Makna dan Asal Usul

Kata-kata ini berasal dari bahasa Arab, تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنكُم, yang secara harfiah berarti "Semoga Allah menerima (amal baik) dari kami dan dari kalian". Ini adalah doa yang dipanjatkan untuk saling mendoakan agar segala amal ibadah yang telah dilakukan, baik selama bulan Ramadan maupun pada hari raya, diterima oleh Allah SWT.

Penggunaan dalam Tradisi

Tradisi mengucapkan Taqaballahu Minna Wa Minkum dimulai dari para sahabat Nabi Muhammad SAW. Mereka biasa mengucapkannya satu sama lain ketika bertemu di hari raya sebagai bentuk tahniah dan doa bersama. Imam Ahmad bin Hanbal RA, salah satu imam mazhab dalam Islam, juga menyatakan bahwa tidak ada masalah bagi seseorang untuk mengucapkan kalimat ini kepada orang lain di hari raya.

Cara Menjawab Salam

Ketika seseorang mengucapkan "Taqaballahu Minna Wa Minkum" kepada kita, cara yang sopan untuk menjawabnya adalah dengan mengucapkan kalimat yang sama, "Taqaballahu Minna Wa Minkum". Ini adalah bentuk balasan yang baik dan menunjukkan harapan bersama agar Allah SWT menerima amal ibadah kita semua.

Kesimpulan

Ungkapan Taqaballahu Minna Wa Minkum adalah lebih dari sekadar ucapan selamat hari raya. Ini adalah doa dan harapan yang kita bagikan dengan sesama, agar semua usaha dan ibadah kita mendapatkan keberkahan dan diterima oleh Allah SWT. Di momen yang penuh kegembiraan ini, mari kita saling mendoakan dengan tulus dan mengharapkan yang terbaik untuk satu sama lain.

Semoga Allah SWT menerima semua amal baik kita dan menjadikan kita termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung. Amin.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar